Saya Ingin Punya Kamera Sendiri!

Walaupun saya adalah mahasiswa jurusan teknik telekomunikasi, namun rasaya kegiatan ataupun hobi yang saya sukai banyak berhubungan dengan jurnalistik. Yang pertama, saya senang menulis. Contohnya menulis di blog ini. Sudah sekitar 200 lebih tulisan saya hasilkan, walaupun lebih banyak berupa cerita sehari-hari. Kini saya mencoba untuk menulis di media yang lain yaitu Kompasiana, itung-itung supaya lebih eksis :p Saya pun terlibat juga sebagai kontributor di majalah Halo Ganesha, dimana saya merasa cukup enjoy selama menuliskan artikel untuk majalah ini, terlepas dari banyaknya masukan yang harus saya terima untuk perbaikan tulisan saya. Dalam skala yang lebih kecil, saya senang ngetwit. Frekuensi ngetwit saya cukup tinggi walaupun jumlah tweet dan followers saya tidak sebanyak teman-teman saya yaitu Rachmat Fathoni, Indah Mutiara Kami, ataupun Ajeng Putri Lenggogeni. Sempat ada tawaran menjadi admin salah satu akun twitter, tapi sayangnya belum berhasil. Maybe next time lah ya 😀



Nah, selain kegiatan tulis-menulis, akhir-akhir ini saya punya hobi baru : fotografi. Saya senang sekali untuk mendokumentasikan event ataupun momen-momen yang saya temui dengan kamera HP ataupun kamera DSLR yang saya pinjam dari pacar atau adik saya. Memang kualitas jepretan saya masih belum seberapa, maklum masih newbie. Tapi terlepas dari masalah kualitas, saya menemukan kesenangan tersendiri ketika memotret. Hasil dokumentasi yang saya hasilkan kebanyakan langsung saya broadcast via Facebook ataupun Instagram supaya bisa dilihat banyak orang. Selain itu saya baru-baru ini juga telah mendaftar di citizen image Kompas supaya saya bisa lebih mengasah lagi kemampuan citizen journalism saya. Lebih senang lagi ketika banyak yang memberikan respon bagus terhadap hasil jepretan saya. Artinya mereka puas atas apa yang saya lakukan dan memberikan apresiasi kepada saya. 

Razia Polisi di Bandung
Salah satu hasil jepretan kamera HP saya
(sumber : citizenimages.kompas.com)

Saya ingin sekali bisa terus mendalami hobi saya di bidang fotografi ini. Mungkin saja suatu saat ada kesempatan untuk menjadi jurnalis lepas dimana saya bisa mengasah kemampuan saya ini. Permasalahannya saat ini hanya satu : saya tidak memiliki kamera. Selama ini saya lebih banyak meminjam kamera milik pacar saya ataupun milik adik saya. Dan ada saat-saat dimana ada sebuah event atau momen yang ingin saya abadikan namun tidak bisa saya lakukan karena si kamera harus dikembalikan kepada pemiliknya. Memang ada kamera HP saya, namun tentu saja kemampuannya terbatas dan tidak selengkap kamera DSLR misalnya. Karena itu saya benar-benar berniat untuk bisa memiliki kamera sendiri. Mungkin saya belum bisa memilikinya dalam waktu dekat karena harganya yang mahal, tapi saat ini saya sudah mulai menabung dan mungkin saja dalam 1 tahun kedepan saya sudah mampu untuk membeli sendiri kamera yang saya butuhkan. Mudah-mudahan hal ini bisa terwujud sehingga suatu saat nanti saya bisa mengabadikan perjalanan saya keliing dunia dengan kamera saya ini. Amin!

One thought on “Saya Ingin Punya Kamera Sendiri!

  1. Amin! Semoga keinginannya lekas terwujud. kalo punya compact kamera nganggur di rumah, bisa dicoba pakai itu ketimbang kamera hp (kecuali kalau fitur kamera hp lebih oke ketimbang compact cameranya). Saran gw, latihanlah yang banyak, dan media latihan tidak perlu dslr.

    Satu lagi, beli lah kamera yang sesuai kebutuhan. Cari yang bener-bener nyaman kamu gunakan, mulai dari grip, panel-panel di kamera, menu yang ditawarkan, lensanya seperti apa, dan kalau memang ingin serius (kemungkinan akan upgrade lensa), pertimbangkan harga lensa di kemudian hari, apakah lensa asli merek kamera itu mahal atau tidak.

    ps : kalau ada temen hobi fotografi, dan punya kamera bener2 nganggur, cobalah pinjem. biasanya ada.

    Like

Leave a comment