YNWA Tak Hanya Milik Liverpool FC

stadshgates021.jpg (1040×515)
YNWA di Shankly Gate 
(Sumber : http://stevengerrardindonesia.blogspot.com)

Sebagian besar orang mengenal lagu You’ll Never Walk Alone sebagai anthem dari Liverpool FC. Hal ini memang tidak salah, karena mungkin kita lebih sering melihat aksi Steven Gerrard dan kawan-kawan di layar kaca, bahkan sampai-sampai ada tulisan tulisan YNWA di logo Liverpool FC dan juga di Shankly Gate yang berada di stadion Anfield. Tapi tahukah anda bahwa Liverpool FC bukan satu-satunya klub yang menggunakan lagu ini sebagai anthem? Ternyata ada sejumlah klub lain yang juga menjadikan lagu ini sebagai anthem mereka. Berikut ini adalah beberapa klub pelantun lagu yang pernah dipopulerkan oleh beberapa artis seperti Gerry and The Peacemakers, Frank Sinatra dan juga Elvis Presley.



1. Glasgow Celtic


Sumber : http://bleacherreport.com

Glasgow Celtic adalah penguasa Liga Skotlandia selain Glasgow Rangers. Keduanya kerap kali bersaing tiap musim untuk memperebutkan gelar juara di berbagai kompetisi lokal. Old Firm Derby yang mempertemukan keduanya bisa dibilang merupakan salah satu derby terpanas di dunia. Soal lagu YNWA, banyak perdebatan yang terjadi tentang klub manakah yang pertama menjadikan lagu ini sebagai anthem, apakah Celtic atau Liverpool. Namun tidak ada bukti yang memperkuat anggapan bahwa Celtic adalah yang pertama. 

2. Feyenoord Rotterdam

Sumber : http://www.fr12.nl

Salah satu klub yang mendominasi Liga Belanda selain Ajax & PSV. Feyenoord telah meraih 14 gelar juara Liga Belanda yang terakhir kali diraih tahun 1999. Klub yang berkandang di Stadion De Kuip ini juga pernah menjuarai piala UEFA tahun 2002. Kedekatan Feyenoord dengan Liverpool ditunjukkan dengan bergabungnya Dirk Kuyt ke Anfield.





3. FC Twente

Sumber : http://www.shrani.si

Twente menjadi kuda hitam di Liga Belanda setelah tampil cukup mengesankan di empat musim terakhir. Sempat menjadi runner-up tahun 2009 dan 2011, Twente mencapai puncak prestasi pada 2010 dengan menjadi juara. Salah satu pemainnya yaitu Luuk De Jong kini dikait-kaitkan juga dengan Liverpool.




4. Borussia Dortmund

Sumber : http://bleacherreport.com

Dortmund adalah juara Bundesliga dalam 2 musim berturut-turut. Bermodalkan pemain-pemain muda berbakat seperti Mario Goetze, Shinji Kagawa dan Robert Lewandowski, anak asuh Juergen Klopp berhasil mendobrak dominasi Bayern Munich yang berisi pemain bertabur bintang. Kini Dortmund mencoba untuk mengembalikan kejayaan di eropa setelah terakhir kali juara Liga Champions tahun 1997.





5. Borussia Moenchengladbach

Sumber : http://www.bigsoccer.com

Klub ini bisa dibilang termasuk ke dalam papan tengah di Bundesliga. Tapi musim ini Gladbach berhasil menyodok ke papan atas dan finish di peringkat keempat sehingga berhak untuk masuk ke Liga Champions musim depan. Menarik untuk dinanti kiprah tim ini di musim depan mengingat mereka telah kehilangan bintang mereka yaitu Marco Reus yang hijrah ke Dortmund. 





6. FC Tokyo

175506hp2.jpg (570×355)
Sumber : http://www.goal.com

Ternyata tidak hanya tim-tim asal eropa yang menjadikan lagu YNWA sebagai anthem mereka. FC Tokyo adalah salah satu tim asal asia yang menyanyikan lagu ini. Tim ini telah menghasilkan beberapa pemain hebat seperti Akira Kaji dan juga Yuto Nagatomo yang kini bermain di Inter Milan.





Selain klub-klub diatas, masih banyak sejumlah klub lain yang menjadikan lagu ini sebagai anthem. Memang makna yang terkandung di lagu ini sungguh luar biasa sehingga tak heran jika banyak klub yang mengadopsi lagu ini menjadi anthem. Apakah akan ada klub Indonesia yang mengadopsi lagu ini juga? We’ll see. YNWA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s