Kondom di Dompet

Jangan kaget dulu ketika anda membaca judulnya. Tenang, kondomnya bukan ada di dompet saya kok 😀 Kejadian ini bermula saat saya bersama teman-teman sedang backpacking ke Lombok waktu liburan yang lalu (silahkan mampir kesini untuk tahu cerita lengkapnya). Namanya juga backpacker, tentunya biaya murah menjadi prioritas kami. Dan untuk bisa menekan pengeluaran seminimal mungkin, maka kereta ekonomi menjadi pilihan kami untuk menyusuri pulau Jawa. Kebetulan di dalam rombongan kami ada seorang railfan bernama Muhammad Ammar Wibisono. Beliau adalah master dari kereta di seluruh Indonesia, bahkan sampai-sampai beliau mengetahui jalur dan stasiun-stasiun yang akan kami lewati. Semakin mudahlah perjalanan kami.



Singkat cerita, kami sedang menikmati perjalanan di kereta Sritanjung menuju Banyuwangi. Dan seperti kereta ekonomi di Indonesia pada umumnya, banyak sekali pedagan yang berlalu lalang menjajakan dagangannya disini. Namanya juga kelas ekonomi, dibalik harganya yang murah tentunya ada kekurangan yang harus kita “nikmati” yaitu hilangnya kenyamanan.  Berbagai macam dagangan -mulai dari yang masuk akal seperti makanan dan juga bacaan sampai yang tidak masuk akal seperti alat masak dan tupai- bisa kita temui di kereta ini. Cara mereka memperkenalkan dagangannya pun bermacam-macam, tapi pada umumnya mereka meletakkan barang dagangannya di kursi penumpang dengan harapan para penumpang bisa melihat dan tertarik untuk membeli.


Suatu saat, seorang pedagang dompet menjajakan dagangannya. Dia juga menggunakan strategi yang sama, yaitu membagikan ke kursi penumpang. Entah kenapa saat itu saya sedang iseng dan melihat-lihat si dompet. Dan saya kaget ketika sedang membukanya ternyata saya menemukan sebuah kondom! Entah disengaja atau tidak, tapi saya cukup kaget melihatnya. Kok bisa? Setelah saya tunjukkan ke teman-teman yang lain, saya pun kembali meletakkan si kondom di dalam dompet, siapa tau ada yang membutuhkan nantinya.