Fitur Daily Digest pada Yahoogroups

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, rasanya kita sudah familiar dengan milis (Mailing List). Milis menjadi wadah bertukar informasi dalam suatu organisasi, lembaga, kepanitiaan, bahkan juga antar teman-teman. Secara definisi sendiri, milis berarti kumpulan nama / alamat yang digunakan oleh individu / organisasi untuk mengirimkan materi / pesan ke banyak penerima. Pada perkembangannya, jenis milis yang digunakan sendiri lebih banyak dalam bentuk e-mail sehingga disebut juga e-mail list. Penggunaan milis sangat bermanfaat dalam rangka penyebaran informasi ke banyak orang dalam waktu singkat.

Nah, seringkali kita join suatu milis yang aktivitasnya sangat padat, dimana e-mail yang masuk bisa mencapai 100 e-mail per hari, bahkan lebih. Tentunya hal ini bisa sangat mengganggu bagi anda yang mungkin tidak terlalu aktif di milis tersebut dan hanya bertujuan untuk membaca-baca saja. Terkadang pula aktivitas milis yang begitu padat bisa memberikan kesan PHP (Pemberi Harapan Palsu) disaat kita sedang menunggu e-mail penting seperti panggilan wawancara kerja ataupun tugas dari atasan. Untuk itu agar e-mail dari suatu milis tidak menumpuk dan dikirim secara individual, Yahoo! menyediakan sebuah fitur yang menarik dalam milis yahoogroups yaitu daily digest.

Fitur daily digest ini memungkinkan agar kita merangkum e-mail yang berasal dari milis tersebut menjadi satu e-mail tunggal. Dengan demikian inbox kita tidak akan menjadi terlalu penuh dan ponsel kita tidak akan selalu berbunyi akibat adanya notifikasi e-mail baru setiap saat. Langkah-langkah mengaktifkan daily digest ini sendiri adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke alamat milis anda. Bisa dengan membuka salah satu e-mail dari milis tersebut lalu pilih visit your group.

Image

Langkah 1 : masuk ke alamat milis anda

2. Setelah masuk ke alamat milis, pilih menu edit membership.

Image

Langkah 2 : pilih Edit Membership

3. Loncat saja ke step 2 dan disitu ada opsi untuk message delivery. Pilih daily digest. Jangan lupa save changes.

Image

Langkah 3 : Pilih Daily Digest dan Save Changes

Selesai! Dengan demikian anda tidak akan merasa terganggu lagi dengan banyaknya e-mail yang masuk inbox anda. Selamat mencoba!

One thought on “Fitur Daily Digest pada Yahoogroups

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s