Teman Sekamar yang Menginspirasi (Sedikit Cerita dari Program Kepemimpinan LPDP Angkatan 11- Bagian 1)

Image

Saya bersama Iwan Saputra, Pejuang Muda Asal Buton, Sulawesi Tenggara (Dokumentasi Pribadi)

Namanya Iwan Saputra, calon penerima beasiswa afirmasi dari LPDP. Dia berasal dari daerah Baubau, pedalaman Buton, Sulawesi Tenggara. Kampung tempat tinggalnya termasuk daerah yang tidak memiliki sinyal telekomunikasi ataupun listrik sehingga dia harus pergi ke kabupaten yang jaraknya cukup jauh untuk bisa mengakses internet dan mendapatkan informasi terkait Program Kepemimpinan ataupun LPDP. Untuk acara Program Kepemimpinan yang berlangsung tanggal 22 April-3 Mei 2014 kemarin pun dia harus menempuh perjalanan panjang dengan menggunakan kapal dari Sulawesi hingga ke Surabaya, lalu dilanjutkan kereta dari Surabaya-Yogyakarta serta lanjut kembali dari Yogyakarta-Jakarta. Kira-kira butuh sekitar 4 hari waktu perjalanan yang dia tempuh. Sungguh perjuangan yang sangat panjang dan pantang menyerah.

Saya termasuk orang yang beruntung karena mendapat kesempatan untuk sekamar dengan beliau. Iwan memberikan saya banyak inspirasi dan pembelajaran dari kisah-kisah serta mimpi besarnya untuk membangun daerahnya. Dia sangat aktif bertanya di setiap sesi terutama sesi-sesi yang berkaitan dengan nasionalisme. Beliau juga selalu mengulang-ulang sebuah kalimat yang sungguh menyentuh hati, termasuk di depan jajaran direksi LPDP :

LPDP bagaikan cahaya yang menerangi gelapnya malam

Berkat keaktifan serta mimpi besarnya, Iwan ditetapkan menjadi peserta teraktif selama Program Kepemimpinan LPDP Angkatan 11. Bonus lain lagi, beliau juga menemukan jodohnya di PK ini. Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk kesuksesan dirinya dan semoga bisa bertemu kembali suatu saat nanti ketika kita sudah jadi orang sukses. Amin!

p.s. : nantikan cerita-cerita lain dari Program Kepemimpinan LPDP Angkatan 11 di blog ini

One thought on “Teman Sekamar yang Menginspirasi (Sedikit Cerita dari Program Kepemimpinan LPDP Angkatan 11- Bagian 1)

Leave a comment