PPI Belanda, Dari Kita untuk Indonesia

Tulisan ini adalah essay yang dibuat sebagai bagian dari pencalonan diri penulis sebagai kandidat Sekjen PPI Belanda 2014/2015.

Indonesia adalah negara dengan potensi yang melimpah ruah, dari potensi sumber daya alam  maupun sumber daya manusia. Dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia dan banyak diantaranya bergelar master ataupun doktor, harusnya negeri ini menjadi negeri yang disegani. Dengan keindahan serta kekayaan alam yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, harusnya negeri ini sudah menjadi negara maju. Faktanya, hingga saat ini Indonesia masih berada dalam “status quo” karena tetap disebut sebagai negara berkembang, sebuah “gelar” yang sudah didapat sejak saya lahir hingga saat ini. Sebuah fakta yang membuat hati ini miris.

Di tengah ironi yang terjadi di Indonesia, tersimpan sebuah harapan dan mimpi besar bahwa Indonesia bisa menjadi negara yang besar. Harapan itu datang dari para pelajar yang sedang menuntut ilmu di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Belanda. Disini, saya dan ratusan pelajar Indonesia lainnya mempersiapkan diri menjadi masyarakat terpelajar yang diharapkan mampu menjadi agen-agen perubahan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Bagi saya, ini adalah sebuah “hutang” dan tanggung jawab yang besar untuk bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi bangsa Indonesia. Ini sesuai dengan prinsip hidup yang saya anut, yaitu sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Saya selalu berkeinginan untuk bisa memberi manfaat bagi orang sekitar saya, memberi kebahagiaan dan senyuman bagi masyarakat sekitar saya, dan memberikan inspirasi bagi siapa saja untuk bisa selalu berbuat positif bagi kemajuan Indonesia.

Perwujudan mimpi dan cita-cita saya tersebut ternyata bisa saya dapatkan di sebuah wadah bernama PPI Belanda. Sejarah telah mencatat bahwa PPI Belanda telah berperan besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia lewat berbagai pergerakan pemuda. Saya percaya, PPI Belanda memberikan sebuah kesempatan yang besar bagi saya dan para pelajar Indonesia lainnya untuk turut serta memberikan kontribusi nyata. Saya merasa terpanggil untuk berperan dan mencurahkan seluruh tenaga yang saya miliki untuk kemajuan Indonesia lewat PPI Belanda. Lebih jauh lagi, sebagai Sekjen PPI Belanda saya nantinya bisa memiliki kesempatan yang besar untuk bisa merangkul para mahasiswa Indonesia di Belanda untuk turut serta berbagi inspirasi dan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

PPI Belanda memiliki potensi yang besar yang terlalu sayang untuk tidak dikembangkan. Potensi-potensi ini harus dapat diselaraskan agar dapat mewujudkan suatu pergerakan bersama sebagai solusi untuk berbagai masalah yang ada. Dengan arah gerak PPI Belanda sebagai inkubator gagasan, advokasi kepentingan publik dan pelajar, serta pengabdian kepada masyarakat, maka PPI Belanda dapat turut ambil bagian dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Tentu saja saya tidak bisa mewujudkan mimpi dan cita-cita besar ini sendirian. Perlu partisipasi dan kolaborasi aktif dari berbagai pihak, seperti PPI Kota, KBRI, dan pihak-pihak lainnya. Namun saya percaya, PPI Belanda nantinya akan mampu memiliki inisiatif untuk menggandeng pihak-pihak tersebut sebagai bagian dari perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Leave a Reply

