Menentukan Pilihan

Jadi ceritanya Indonesia akan menyelenggarakan Pilpres pada tanggal 9 Juli 2014 nanti, atau sekitar 6 hari dari sekarang. Ini adalah hari yang penting karena pada hari tersebut akan ditentukan siapakah pemimpin Indonesia untuk 5 tahun kedepan, karena itu kita tidak boleh salah pilih. Buat saya pribadi, pilpres kali ini termasuk pilpres tersulit untuk menentukan pilihan karena kedua capres-cawapres memang punya kelebihan kekurangan masing-masing. Karena itulah sampai saat ini saya belum mantap menentukan pilihan karena masih melihat inputan dari berbagai sumber yang (mudah-mudahan) terpercaya.

Keputusan harus segera diambil karena Pilpres makin dekat. Dan hari ini, dari hasil ngobrol sama seorang kawan, saya mendapat sebuah insight baru tentang bagaimana kita memilih calon pemimpin kita :

“Pilih yang cocok dengan value lo aja. Trade off antara ekspektasi dan toleransi lo juga. Lo cocok dengan ekspektasi yang mana, dan bisa mentolerir kekurangan pasangan yang mana.”

Kita pasti memiliki ekspektasi masing-masing dengan capres pilihan kita. Silahkan define masing-masing karena saya tidak mau berkampanye tentang masing-masing calon. Kuncinya sekarang adalah capres mana yang sesuai dengan nilai-nilai yang kita yakini dan capres mana yang “dirasa” bisa memenuhi nilai tersebut. Selain itu, yang namanya manusia tak pernah lepas dari namanya kekurangan. Tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah. Kuncinya sekarang adalah sejauh mana kita bisa menerima kekurangan si calon yang kita pilih. Siapkah menerima konsekuensi atas kekurangan si capres tersebut? Silahkan dijawab masing-masing dan silahkan definisikan kekurangan masing-masing calon.

So, terlepas dari berbagai kampanye yang memenuhi media sosial yang cukup menjemukkan, mudah-mudahan hal ini bisa menjadi sudut pandang baru untuk kita dalam menentukan pilihan. Tetap semangat dan selamat memilih pemimpin kita!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s