Ngobrol dengan Bule

Ceritanya akhir pekan kemarin saya dan istri beserta orang tua saya berangkat ke Jogja untuk menghadiri pernikahan sepupu saya. Kami berangkat pada sabtu pagi dan pulang minggu malam. Ternyata di perjalanan pulang saya dan istri saya duduk bersebelahan dengan seorang bule. Tadinya saya malu untuk menyapa duluan, maklum bahasa Inggris saya masih memble. Tapi pada akhirnya saya iseng bertanya, “where are you from?” and he said “I’m from the Netherlands.”

What a coincidence! Seketika dialog pun terjadi dan obrolan sangat mengalir. Kebetulan lainnya adalah ternyata dia berasal dari Enschede dan berprofesi sebagai dosen di Universiteit Twente. Menarik karena saya dulu sempat diterima di kampus tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk melanjutkan studi di TU Delft. Soal keputusan saya ini, dia pun mengakui bahwa kualitas TU Delft lebih baik daripada Twente, jadi insya Allah pilihan saya tidak salah ya🙂 Kami juga banyak bertanya tentang aktivitasnya di Indonesia. Ternyata ini adalah kunjungan ketiganya ke Indonesia, dan kunjungan kali ini adalah untuk mengikuti konferensi di Bogor serta bertemu dengan para mahasiswa double degree di UGM. Ohya, dia juga sempat bilang tentang makanan di Belanda. Katanya, buat orang Indonesia yang varian makanannya sungguh beragam, hidup di Belanda akan jadi tantangan tersendiri karena mostly makanan di Belanda taste-nya tidak sevariatif di Indonesia. Terkait rencana studi saya dan istri saya yang berbeda universitas, dia bilang bahwa Delft dan Leiden jaraknya memang dekat, jadi tidak akan jadi masalah jika kami tinggal di Leiden dan saya menjalankan studi di Delft.

Sayangnya saya tidak sempat foto ataupun bertanya nama dan kontaknya. Saya juga tidak sempat mengucapkan selamat tinggal karena tiba-tiba dia sudah menghilang saja. Tapi ini menjadi sebuah pengalaman menarik dalam berbicara dengan orang asing. Nampaknya harus sering-sering berlatih bahasa Inggris lagi nih🙂

 

Leave a Reply

