Yang Baru Di Piala Dunia 2014 : Teknologi Goal Line

Goal Line Technology adalah sebuah teknologi baru yang diterapkan di Piala Dunia 2014. Simpelnya, teknologi ini bertujuan untuk mengurangi kontroversi terkait sudah masuk atau belumnya bola ke gawang alias gol. Harapannya kejadian seperti di Piala Dunia 2010 saat Inggris melawan Jerman tidak terjadi kembali.

Nah, sebenarnya seperti apa teknologi ini bekerja? Berikut saya reblog sebuah penjelasan dari adik kelas saya di Elektro ITB tentang prinsip kerja Goal Line Teknologi. Semoga bermanfaat!

How Goal Line Technology WorksMasih ingat tendangan Frank Lampard di piala dunia 2010 melawan Jerman? Waktu itu bola terlihat jelas telah melewati garis gawang bahkan hingga lebih setengah meter, namun wasit tidak mengsahkan gol itu. Inggris kalah 4-1 dan tersingkir oleh Jerman di babak 16 besar.

Di Brazil 2014, kesalahan wasit seperti 4 tahun silam bisa dipastikan tak akan terulang kembali setelah diterapkannya teknologi garis gawang (Goal Line Technology) yang diklaim telah teruji ampuh 100%. Bukan berarti akurat sempurna, namun 100% teruji. Teknologi ini telah diterapkan pada piala konfederasi 2013 dan bekerja dengan baik. Pada pertandingan ke-4 WC 2014, akhirnya teknologi ini memainkan peran kala pertandingan Australia vs Chile. Di babak kedua, Alex Wilkinson berhasil menyapu bola tepat di depan garis gawang Australia setelah melewati kiper Mathew Ryan.

Alex Wilkinson cleared the ball just before it crossed the line

Goal Line Technology in Australia vs Chile

Animasi tersebut ditayangkan pada layar lebar di stadion tidak lama setelah kejadian…

View original post 280 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s