Get Lost in Indonesia! (Pahawang Trip 6-8 Juni 2014)

Assalamualaikum!

Setelah lama tidak update blog, ijinkan saya untuk kembali menulis. Kali ini saya mencoba menceritakan pengalaman saya dan istri saya saat berlibur ke Pulau Pahawang, Lampung pada tanggal 6-8 Juni yang lalu. Well, sebenarnya rencana awal kami bukan ke Pahawang karena tadinya kami sudah deal  untuk berangkat ke Krakatau pada tanggal tersebut bersama beberapa kawan saya. Sayangnya trip tersebut batal karena satu dan lain hal. Tapi berhubung kami tidak ingin weekend kami berlalu begitu saja secara sia-sia, saya memutuskan mencari informasi tentang trip yang available. Beruntunglah kami karena kami menemukan informasi tentang trip ke Pulau Pahawang tersebut. Tanpa pikir panjang langsung saja kami mendaftarkan diri dan membayar DP yang dibutuhkan. Berangkat!!!

Saya dan istri berangkat Jumat malam dan berkumpul di Slipi Jaya. Disana kami langsung bertemu dengan kawan-kawan sesama backpackers yang juga akan berangkat ke Pahawang. Total ada 26 orang yang akan ikut trip ini, namun ada yang bertemu di Lampung dan ada juga yang langsung bertemu di Merak. Setelah perkenalan singkat sambil menunggu rombongan lengkap, kami semua langsung berangkat ke Merak menggunakan bis umum tujuan Merak. Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam, dan kami tiba di Merak jam setengah 1 pagi. Setibanya di Merak, kami bertemu dengan mereka yang sudah terlebih dahulu tiba. Perjalanan kami lanjutkan dengan naik kapal Ferry Merak-Bakaheuni. Dengan waktu tempuh sekitar 3 jam, kami manfaatkan waktu yang ada untuk beristirahat sejenak sambil ditemani goyangan kapal ferry. Tiba di Bakaheuni jam 5 pagi, kami sempatkan untuk Shalat Subuh sambil meregangkan badan. Tiga buah mobil telah menanti kami disana untuk mengangkut kami ke Pelabuhan Ketapang, Lampung. Perjalanan lagi-lagi membutuhkan waktu sekitar 3 jam, dan tanpa terasa kami sudah tiba di Pelabuhan saking nyenyaknya kami semua tertidur.

Saya langsung terpana melihat pemandangan di sekitar. Laut yang bening dan udara yang bersih langsung menumbuhkan ekspektasi saya yang tinggi terhadap tempat ini. Saya membayangkan pemandangan bawah laut yang indah dan sungguh memanjakan mata. Tak lama setelah kami tiba, ekspektasi saya terbukti. Kami mengunjungi beberapa spot seharian, yaitu Balak, Maiten, dan Tegal. Terumbu karangnya bagus-bagus banget! Ikan-ikannya pun sungguh indah dan membuat mata happy! Yang paling menarik tentu saja ikan Nemo yang kami temukan disini. Tempatnya pun masih cukup terawat, mungkin karena belum banyak orang yang tau lokasi ini. Setelah berkeliling snorkeling, kami langsung menuju ke Pulau Gosong untuk bernarsis ria. Dengan modal tongsis dan kamera Go Pro, kita berfoto-foto sampai puas! Spot yang indah disini amat sayang untuk tidak diabadikan. Berikut adalah beberapa dokumentasinya🙂

Photo by Samiaji PW

Dokumentasi Pribadi

Tak terasa hari sudah sore, kami pun langsung meluncur ke lokasi homestay di Pulau Pahawang Besar. Kami tinggal di rumah penduduk yang cukup besar untuk bisa ditempati semua. Malamnya pasca makan malam kami mengadakan acara pelepasan lampion seperti yang dilakukan di Candi Borobudur. Walaupun jumlah lampionnya tak banyak tapi tetap saja indah🙂

Photo by Ejie

Esok harinya beberapa dari kami berburu sunrise. Walaupun saya dan istri saya sudah terlambat karena bangun agak siang, tapi tak ada salahnya kami tetap berburu foto. Pemandangannya pun masih tetap bagus dan sedap dipandang mata🙂 Setelah sarapan dan bersiap-siap, kami menuju spot snorkeling terakhir yaitu Tanjung Putus, yang katanya adalah spot terindah di area Pahawang. Benar saja, spot ini adalah yang paling banyak ikannya! Terumbu karangnya pun paling bagus dan lokasinya sangat dangkal. Mudah-mudahan spot ini bisa terus terawat ya🙂

Dokumentasi Pribadi

Photo by Samiaji PW

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12 siang. Kami harus segera pulang agar bisa sampai Jakarta tepat waktu. Perjalanan pulang kami agak panjang dan agak mengalami delay karena kapal ferry yang kami tumpangi sedikit ngetem. Walhasil kami baru tiba di Merak jam setengah 4 pagi dan baru tiba di rumah jam setengah 6 pagi, hahaha. Tapi overall perjalanan kami sangat menyenangkan dengan budget yang terjangkau🙂

Sekian dulu cerita Get Lost in Indonesia untuk edisi kali ini. Sampai jumpa di edisi berikutnya! YOLO🙂 Wasalam!

Photo by Ejie

Dokumentasi lainnya bisa dilihat disini🙂

Itinerary :

Day 1 – 6 Juni 2014

• 24.00 meeting point di depan dunkin pelabuhan merak [ON TIME]
  • 24.00-03.30 Berlayar menuju ke pelabuhan bakauheuni

Day 2 – 7 Juni 2014

• 03.30-05.00 Sampai di bakauheni,ISHOMA
  • 05.00-07.00 Perjalanan bakauheni-dermaga ketapang
  • 07.00-08.00 Tiba di dermaga ketapang & siap2 snorkeling
  • 08.00-10.00 Spot snorkelling 1 (Balak)
  • 10.00-11.00 Spot snorkelling 2 (Maiten)
  • 12.00-12.30 Menuju pahawang besar
  • 12.30-14.30 Cek in di homestay, ISHOMA
  • 14.30-17.30 Spot Snorkling 3 (Tegal) + Ke Pulau Gosong
  • 17.30-19.30 Kembali ke homestay,ISHOMA
  • 19.30-21.00 Makan Malam + Pelepasan Lampion + M.O.D.U.S TIME!

Day 3 – 8 Juni 2014

• 05.00-06.30 Waktu untuk para Sunrise Hunter!
  • 07-00-08.00 Sarapan
  • 08.00-10.00 Spot Snorkeling 3 (Sekitaran Tanjung Putus)
  • 10.00-12.00 Menuju penginapan dan packing2
  • 12.00-13.00 Makan siang dan persiapan pulang
  • 13.00-14.00 Sampai di dermaga ketapang
  • 14.00-16.30 Sampai di bakauheuni
  • 16.30-19.30 Penyebrangan bakauheuni – merak
  • 19.30 sampai di merak, menuju Jakarta masing-masing….

Budget :

Rp473.000,00 sudah termasuk :

• Tiket Kapal Ferry Merak – Bakahuni PP
  • Kendaraan bakahuni – dermaga ketapang PP MOBIL ELF TOYOTA HEICE 14 SEAT FULL AC
  • Makan 5x
  • Lampion untuk 3 orang
  • Local guide
  • Kapal untuk muter cari spot Snorkeling
  • Homestay asoy ditepi pantai (ada gazebooooo-nya)
  • Tips Supir
  • Tips pemandu lokal pulau

Belum termasuk :

• Snorkelling 100 ribu per orang untuk 2 hari
  • Transport dari rumah ke Merak PP (Berangkat : Taksi 60ribu, Bus 20ribu; Pulang : Bus 25ribu, Taksi 20ribu)
  • Pengeluaran Pribadi (sekitar 150ribu)

7 thoughts on “Get Lost in Indonesia! (Pahawang Trip 6-8 Juni 2014)

1. Keyenn ya mas aga dan mba ejieee, saya termasuk org yg suka baca blog orang lain.. tp ga bisa tulis blog..#pdhlpengen 😂😂😂

• Halo! maaf baru balas ya🙂 dulu saya kalo gak salah buka di backpacker indonesia trus ada yang ngajakin disana, coba aja cari-cari disitu insya Allah terpercaya semua🙂