#RoadToEurope : Sekilas Tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia (Beasiswa LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (Sumber : http://scholarshipsbank.com/)

Semangat pagi pembaca! Kembali lagi bersama saya disini =D

Setelah lama vakum menulis tentang #RoadToEurope, izinkanlah saya kembali menulis tentang topik ini. Saya ingin berbagi cerita tentang proses seleksi beasiswa yang sedang saya ikut, yaitu beasiswa pendidikan Indonesia yang dikelola oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Sedikit overview, LPDP merupakan lembaga yang mendapat mandat dari pemerintah Indonesia untuk mengelola dana abadi pendidikan yang jumlahnya sangat besar. Dana ini akan dipergunakan sebagai beasiswa untuk mereka-mereka yang ingin melanjutkan studi magister dan doktoral baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu dana ini akan dipergunakan juga sebagai last resort jika terjadi bencana alam yang merusak infrastruktur pendidikan di Indonesia. Beasiswa ini menurut saya sangat recommended karena tidak ada sistem kuota yang diterapkan disini, artinya berapapun yang memenuhi kriteria pasti akan diberangkatkan. Beasiswa yang dicover pun juga full, sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kekurangan biaya hidup selama menjalani studi. Informasi lebih lanjutnya silahkan buka website LPDP disini.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bisa mendaftar beasiswa pendidikan Indonesia ini? Mudah saja, kalian hanya perlu mendaftar secara online disini dan mengisi biodata dan informasi lain yang diperlukan, seperti riwayat akademik dan pengalaman organisasi serta prestasi yang pernah anda raih. Selain itu anda perlu menyiapkan dokumen pendukung, seperti ijazah, transkrip, pasfoto, tiga buah essay (rencana studi, sukses terbesar dalam hidup, peranku bagi Indonesia), LoA (Letter of Acceptance) dan IELTS atau TOEFL. Untuk essay tidak ada format tertentu, yang penting buatlah sebaik mungkin dan jadilah diri anda sendiri =) Sedangkan untuk LoA tidak ada keharusan sudah memilikinya karena setelah diterima anda memiliki waktu 1 tahun untuk mendaftar ke PT dan mendapatkan LoA, namun jika memiliki LoA akan menjadi keunggulan tersendiri. Terakhir, untuk IELTS disyaratkan minimal 6,5 dan TOEFL ITP minimal 550. Oiya, pilihan kampus sendiri harus yang merupakan kampus top di dalam dan luar negeri, karena itu silahkan dipastikan kampus yang anda tuju memang kampus yang direkomendasikan oleh LPDP.

Nah, setelah proses administrasi dilakukan kalian tinggal berdoa saja agar bisa lolos seleksi administrasi. Biasanya di akhir bulan sekitar tanggal 20-an akan ada pengumuman siapa yang lolos seleksi administrasi ini, dan kemudian akan diberitahukan untuk seleksi wawancara. Untuk saya sendiri wawancara baru saja dilaksanakan pada hari Jumat (13 Desember 2013) yang lalu bertempat di Aula Jusuf Wibisono, Kementerian Keuangan. Dalam tahap wawancara ini teman-teman semua akan diuji oleh tiga orang reviewer yang terdiri dari 1 orang psikolog dan 2 orang akademisi selama 45 menit. Pertanyaannya sendiri bermacam-macam dan bisa berbeda satu sama lain tergantung siapa yang diwawancara. Berdasarkan pencarian saya, ada yang diminta menyanyikan lagu Bagimu Negeri, ada  yang sampai menangis karena cukup ditekan oleh para reviewer, dan ada juga yang banyak diberikan pertanyaan teknis ataupun pertanyaan yang mengacu kepada essay yang dibuat. Saya sendiri alhamdulillah bisa menjalani sesi wawancara ini dengan cukup baik meskipun awalnya sempat khawatir juga. Pertanyaan saya berkisar tentang kenapa memilih kampus tujuan, apa jaminan bahwa saya akan kembali ke Indonesia pasca studi, dan pengalaman saat berkegiatan di kampus. Alhamdulillah durasi 45 menit pun tidak terasa =) Sekarang saya tinggal menunggu hasilnya yang diperkirakan akan keluar sekitar 1-2 minggu.

Setelah tahapan wawancara, para calon penerima akan mengikuti program kepemimpinan (PK) selama sekitar 10 hari. Tempat pelaksanaannya bervariasi dan bergantung angkatannya. Beberapa cerita terkait PK ini bisa dilihat disini. Setelah tahapan ini barulah kalian resmi menjadi penerima beasiswa pendidikan Indonesia dari LPDP =) Buat kalian yang punya rencana melanjutkan studi setelah lulus kuliah tidak ada salahnya untuk mencoba beasiswa ini, karena prosesnya mudah, cepat, fleksibel, dan peluangnya cukup besar. Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut bisa juga join di grup FB Beasiswa LPDP disini. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil!

4 thoughts on “#RoadToEurope : Sekilas Tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia (Beasiswa LPDP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s