Day 2 : Solo Trip #Mudik2013

Tak banyak yang saya lakukan di hari pertama, jadi kita langsung skip saja ke hari kedua ya. Di hari kedua ini agendanya adalah jalan-jalan keliling kota Solo (baca : belanja). Ya, sudah menjadi rutinitas selama mudik bahwa jika kami ke Solo kami harus mampir ke kampung batik di Laweyan untuk berburu batik. Dan saya memang menyukai motif-motif yang ada di tempat langganan kami. Tempat ini membuat saya bangga menggunakan batik khas Indonesia.

Nah, berhubung sudah agak sering kami belanja di Laweyan, maka kami sekeluarga memutuskan mencari tempat lain. Kebetulan ayah saya pernah mengerjakan proyek di kampung batik lainnya di kota Solo, yaitu kampung batik Kauman. Jadilah kami meluncur kesana. Singkat cerita, saya membelikan 2 buah baju batik untuk pacar saya dan kakaknya, lalu ibu saya membeli tas, dan adik saya membeli baju batik serta tas. Saya sendiri urung membeli kemeja disini karena kurang sreg dengan motif yang ada. Memang rasanya saya lebih cocok dengan batik Laweyan ya.

Nah, mampir ke Solo tak lengkap jika tak membeli Tengkleng Mbak Diah yang merupakan salah satu makanan favorit Ibu dan adik saya. Sayangnya saat kami tiba disana si tengkleng ini sudah habis😦 Tak mau pulang dengan tangan hampa, Ibu membeli tongseng kambing sebagai penggantinya. Bau semerbaknya pun menjadi teman yang setia mendampingi perjalanan pulang kami, hehehe.

Setelah semuanya beres, saya menyempatkan diri mampir ke rumah kawan saya di Solo. Mushofi namanya. Dia seorang blogger handal juga lho. Monggo blognya dikunjungi disiniAnyway, saya cukup kesulitan untuk mencapai rumahnya. Maklum, terakhir kali kesana sudah hampir 1,5 tahun yang lalu. Tapi dengan perjuangan pantang menyerah akhirnya saya bisa juga tiba di rumahnya. Sambutan dari beliau dan keluarganya sangat hangat. Kami berbincang-bincang tentang kabar kawan-kawan ET08, mulai dari yang ingin menikah, baru lulus dan sedang mencari kerja, sampai mereka yang sudah mendapat kesempatan studi di luar negeri. Keluarganya pun banyak bertanya tentang kabar saya. Yang lebih menyenangkan lagi, saya dijamu dengan santapan berbuka puasa. Suasananya sederhana tetapi nyaman dan akrab. Alhamdulillah, nikmat sekali rasanya🙂

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 7 malam. Takut tidak mendapat kereta pulang, saya pun ijin meninggalkan rumah Mushofi. Beliau dengan senang hati bersedia mengantar saya ke stasiununtuk membeli tiket kereta. Ternyata kereta terdekat baru ada jam 20.12 sedangkan saat itu baru jam 7.10. Akhirnya saya membeli 1 buah tiket KA Sriwedari tujuan Jogja. Sambil menunggu, Mushofi mengajak saya tur singkat keliling Solo. Dia menunjukkan kepada saya area sekitar Stadion Manahan Solo yang sangat indah di malam hari karena banyak becak dengan lampu warna warni, lalu juga suasana monumen yang dulunya banyak PKL namun sekarang sudah bersih, dan pasar di sebelah stasiun Solobalapan yang kini sudah tertata rapi. Semua berkat pak Jokowi. Semoga pak Jokowi sukses juga ya di Jakarta!

Tak terasa sudah waktunya saya pulang naik kereta. Saya cukup excited karena inilah pertama kalinya saya naik kereta selain KRL. Saya ingin tau rasanya naik kereta di daerah, karena itulah saya berkeras untuk naik kereta. Dan begitu saya naik, suasananya sangat nyaman dan bersih. AC-nya dingin dan interiornya bagus. Keretanya sendiri buatan lokal, asli dari PT INKA. Mantap gan!

Interior KA Sri Wedari, gak kalah sama di luar negeri🙂 (Dokumentasi Pribadi)

Perjalanan hari ini pun ditutup dengan karnaval di jalanan Klaten dalam rangka menyambut Idul Fitri. Sungguh semarak memang malam takbiran di daerah-daerah. Mereka sangat antusias menyambut datangnya hari kemenangan. Semoga bisa kembali melihat suasana seperti ini tahun depan🙂