Sedikit Cerita dari #induction4

Semangat Pagi!

Seminggu ke belakang saya tidak menulis sama sekali di blog ini. Kemanakah saya pergi? Penasaran kan? Atau tidak penasaran? Penasaran atau tidak, itu terserah pembaca sekalian, toh blog ini kan punya saya, hahaha. Yang jelas, lewat tulisan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang kegiatan yang saya lakukan selama seminggu ke belakang.

Jadi, saya ditugaskan oleh kantor saya untuk “berlibur” selama sepekan dalam rangka program orientasi untuk para trainee. Mungkin ada yang bingung, liburan kok ditugaskan kantor? Judul aslinya sih memang orientasi, tapi yang saya dan kawan-kawan saya lakukan lebih layak disebut liburan, hahaha. Bagaimana tidak? Kami diinapkan di Hotel Sultan, hotel bintang lima yang super berkelas di daerah Senayan. Itu berarti jaminan fasilitas yang sangat memanjakan, mulai dari kamar hotel yang nyaman, makanan yang berlimpah, dan lain sebagainya. Sungguh nyaman sekali rasanya, hahaha.

Dalam kegiatan orientasi ini, satu kamar seharusnya diisi oleh dua orang. Namun pada akhirnya saya hanya sendirian menempati kamar saya dikarenakan calon roommate saya dilarang oleh manajernya untuk ikut. Well, kondisi seperti ini ada untung ruginya sih. Untungnya adalah saya bisa sesuka hati di kamar tanpa takut mengganggu ataupun terganggu si roommate, tapi yang tidak enak adalah saya tidak memiliki partner sekamar untuk sharing dan ngobrol-ngobrol jika sedang bosan di kamar. Tapi tak apalah, saya ambil positifnya saja, hehehe.

Bicara soal menginap di hotel biasanya yang terpikir adalah makanannya. Well, makanannya enak-enak sih, tapi membosankan! Ini karena hampir setiap saat makanan yang disajikan selalu sama. Pada awalnya enak, tapi lama-lama jadi eneg, hahaha. Anehnya saya tetap saja makan banyak, dan pada akhirnya jadi jauh menggendut. Gawat ini. Hahaha.

Tapi yang paling menarik dari acara orientasi yang disebut #induction4 ini tentu saja adalah teman-teman barunya. Mostly kawan-kawan yang saya kenal disini memang bekerja di kantor pusat ataupun regional Jabotabek, tapi ada juga yang ditempatkan di berbagai daerah di Indonesia. Ada seorang bapak 2 anak yang ditempatkan di Kalimantan, ada putra asli Papua yang kuliah di Bandung dan ditempatkan di Surabaya, dan yang paling hebat adalah ada yang ditempatkan di Maumere, NTT! Saya harus bilang bahwa saya salut dengan mereka-mereka yang berani mengambil tantangan dengan ditempatkan di daerah. Mereka-mereka ini adalah sosok yang luar biasa. Salut sekali lagi.

Lantas sebenarnya apa saja kegiatan kami selama #induction4? Selama 5 hari kami dikenalkan dengan berbagai budaya perusahaan, visi dan misi serta value perusahaan, materi ESQ, melakukan sejumlah kunjungan, bahkan kami juga menjadi sales dengan berjualan kartu perdana langsung ke masyarakat. Materi ESQ menurut saya adalah salah satu yang paling berkesan, karena saya disadarkan tentang pentingnya meaning of work, bahwa kita harus memiliki tujuan yang jelas dalam bekerja. Apakah hanya karena uang? Atau ada faktor-faktor lain? The choice is yours. Di samping itu berjualan kartu perdana menjadi salah satu pengalaman menarik saya yang membuat saya tidak boleh lagi meng-underestimate para sales yang sudah bekerja keras dalam berjualan produk mereka. Penampilan drama kelompok dimana saya menjadi pemeran utama pun juga menjadi salah satu highlight saya selama #induction4 ini. Berkat totalitas tanpa batas dari saya dan teman-teman satu kelompok, akhirnya kami berhasil menjadi kelompok terbaik!

Saya harus bilang bahwa pada awalnya saya enggan untuk mengikuti #induction4 ini. Ada rasa malas dan muncul impresi yang jelek tentang orientasi dan pelatihan. Tapi pada akhirnya, saya harus menelan ludah saya sendiri. Di akhir acara saya malah merasa enggan untuk berpisah dan mengakhiri “liburan” yang saya lalui bersama kawan-kawan baru saya. Mungkin memang kami hanya seminggu bertemu, tapi semoga suatu saat kami semua bisa bertemu lagi. Dan mudah-mudahan saat itu kami semua sudah sukses, entah di Telkomsel, ataupun di tempat lain. Amin!

Image

New Friends, New Values, New Network #induction4 (Sumber : Kharisma Audi)

Leave a Reply

