Andai…

Pernahkah kalian merasa bahwa kalian mengambil keputusan yang salah dalam hidup ini?

Pernahkah kalian merasa menyesal akan pilihan kalian tentang apapun?

Atau, pernahkah kalian bergumam dalam hati dengan pernyataan seperti ini?

“coba gw milih untuk ngelakuin itu, pasti gw sekarang gak bakal gini nih.”

Saya yakin banyak yang pernah berpikiran seperti ini. Tak terkecuali saya. Harus diakui, saya bukan orang yang punya insting bagus dalam mengambil keputusan. Sering sekali saya merasa keputusan yang saya ambil itu adalah keputusan yang salah. Ujung-ujungnya saya tidak menikmati pilihan saya dan terlalu banyak mengeluh serta menggerutu. Apa yang saya lakukan pun menjadi tidak maksimal. Yang tersisa hanyalah penyesalan.

Bicara tentang penyesalan, ada satu pengalaman pribadi yang paling membuat saya berpikir. Ini saya alami sekitar 2 tahun yang lalu, saat saya masih menjadi mahasiswa dan sedang menjalani kerja praktek (KP). Saat itu saya mendapat kesempatan untuk KP di salah satu perusahaan di Jakarta bersama 3 rekan saya. Waktu itu saya cenderung tidak ingin terlalu ribet dalam mencari tempat KP, sehingga saya meminta bantuan Ayah saya untuk mencari link ke perusahaan tersebut. Dan untungnya link tersebut saya dapatkan dan akhirnya kami berempat bisa KP disana.

Well, boleh saya bilang bahwa saya agak menyesal karena tidak serius dalam mencari tempat KP. Mengapa? Karena KP yang saya lakukan tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Terlalu banyak gabut, terlalu sering diabaikan pembimbing, dan minim sekali (kalau tidak bisa dibilang tidak ada) ilmu yang saya dapatkan selama KP disana. Dua bulan saya cukup terbuang sia-sia tanpa bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat dan juga tanpa mendapat ilmu yang menambah wawasan. Andaikan saya saat itu sedikit lebih serius dan bekerja keras dalam mencari tempat KP, mungkin banyak hal menarik yang bisa saya dapatkan saat itu. Bisa saja saya mendapat kesempatan KP di luar pulau Jawa dan bisa menikmati keindahan alam disana. Istilah lainnya : Belajar, Bekerja, Bersuka Cita. Atau bisa saja saya mendapat kesempatan KP di perusahaan-perusahaan lain yang lebih banyak memberikan wadah belajar untuk saya. Dan masih banyak lagi pengandaian-pengandaian lainnya yang mungkin saja terjadi jika saya tidak mengambil pilihan tersebut.

Well, penyesalan memang tak pernah datang mengingatkan di awal. Penyesalan memang selalu datang di akhir saat kita sudah tertunduk lesu dan menyadari semua kesalahan kita. Tapi ada satu pengalaman menarik yang mungkin tidak akan saya alami apabila saya tidak mengambil keputusan yang “salah” tersebut. Ya, saya bersama adik saya mendapat kesempatan pergi ke Kuala Lumpur untuk menyaksikan Liverpool FC bertanding disana.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa setiap pendukung tim sepakbola favoritnya pasti mendambakan kesempatan untuk bisa menyaksikan langsung tim kesayangannya berlaga, tak terkecuali saya sebagai pendukung Liverpool. Dan berawal dari tawaran Ibu saya untuk menemani adik menonton Liverpool di KL, kesempatan langka itu pun tak saya sia-siakan. Memang saat itu Liverpool tidak tampil full team karena masih terlibat di sejumlah ajang internasional, tapi hal itu tidak mengurangi kepuasan saya dalam menikmati momen ini. Ditambah lagi, saya bisa berjalan-jalan ke berbagai objek wisata di KL seperti Twin Tower, Bukit Bintang, dan lain-lain. Saya pun berkesempatan menikmati berbagai moda transportasi yang tidak ada di Jakarta. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan dan menyenangkan walaupun hanya 5 hari.

The point is, selalu ada hikmah dari segala sesuatu yang kita alami. Sesuatu yang kita pikir buruk buat kita tidak selamanya benar-benar buruk. Ada hal-hal tak terduga yang bisa saja kita alami dibalik sesuatu yang “buruk” itu. Tuhan sayang kok dengan kita, dan segala sesuatunya telah disiapkan oleh-Nya dengan sebaik mungkin. Jadi, jangan bersedih apabila yang kita dapatkan tidak sesuai dengan keinginan, tapi bersyukurlah atas segala yang telah diberikan-Nya. Nikmati saja bro!

Image

Saya bersama adik saya di LFC Asia Tour 2011, Malaysia (Dokumentasi Pribadi)

Leave a Reply

