Lo Harus Ngelakuin 10 Hal Ini Sebelum Lulus!

Sekitar setahun yang lalu, kampus ITB kedatangan tamu yang sangat spesial. Pak Himawan Nugroho namanya. Jujur, saya sendiri belum pernah mendengar namanya sampai akhirnya mendapat kesempatan bertemu langsung dengan beliau. Orangnya gemuk, besar, dan somehow menurut saya mukanya mirip artis :)) Tapi bukan ini yang membuatnya spesial, melainkan beliau adalah satu dari sedikit orang Indonesia yang memiliki tiga sertifikasi CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert) di tiga bidang yang berbeda (Routing, Security, Service Provider). Hanya 300-an orang di seluruh dunia yang bisa mencapai prestasi ini, dan ternyata salah satunya adalah putra Indonesia. Salut!

Di tengah kesibukan beliau yang luar biasa (beliau bekerja di Cisco System, Dubai, UAE) beliau masih menyempatkan diri untuk kembali ke Indonesia sejenak demi berbagi ilmu dan inspirasi dengan para mahasiswa ITB. Banyak hal yang beliau bagi kepada kami, mulai dari awal karir beliau pasca lulus dari Teknis Mesin ITB, perjalanan menemukan passion sampai akhirnya berpindah haluan dengan cukup ekstrem, dan cerita beliau tentang proyek-proyeknya. Namun ada satu materi yang sangat menarik perhatian saya, dan materi ini cukup menohok dan membuat saya berpikir tentang masa perkuliahan saya yang saat itu kurang dari hitungan bulan. Materi itu berjudul “10 things I wish I did in University”.

Image

Pak Himawan Nugroho memberikan pemaparan di ITB (Dokumentasi Pribadi)

Materi ini sebenarnya hanya materi pelengkap saja, saya sendiri sudah lupa dengan materi utamanya. Maklum, materi pelengkap ini yang lebih menempel di kepala, hehe. Disini beliau memaparkan tentang 10 hal yang dulu tidak sempat beliau lakukan saat kuliah. Kesepuluh hal itu adalah :

1. Banyak membuat kesalahan & mengambil resiko

2. Menemukan passion lebih dini

3. Bekerja keras untuk sesuatu yang penting

4. Selalu menyelesaikan apa yang telah dimulai

5. Membuat lebih banyak network

6. Banyak mengambil tanggung jawab sebagai pemimpin

7. Lebih banyak berkomunikasi & presentasi dalam Bahasa Inggris

8. Mengatur keuangan dengan lebih bijak

9. Banyak berkontribusi untuk lingkungan / komunitas sekitar

10. Jalan-jalan keliling dunia

Hal yang menarik adalah, ternyata sebagian besar dari yang beliau tulis juga merupakan hal-hal yang belum sempat saya lakukan saat kuliah dulu! Saya pun kini mengerti akan pentingnya melakukan kesepuluh hal ini sebelum lulus. Sepuluh hal ini memiliki tujuan yang baik, yaitu agar kita benar-benar paham akan apa yang menjadi mimpi, passion, dan cita-cita kita setelah nanti lulus. Dengan demikian, kita tahu apa yang harus kita lakukan, dan tidak terlalu lama galau. Percayalah, tidak selamanya lulus cepat itu baik. Tak perlu kalian lulus cepat-cepat, yang penting lulus pada waktu yang tepat. Semoga kalian-kalian yang masih menikmati bangku kuliah kalian dapat mempertimbangkan untuk melakukan sepuluh hal ini sebelum nantinya kalian benar-benar terjun ke dunia nyata. Akhir kata, mengutip kata-kata dari blog pak Himawan, saya ingin berpesan : 

Dream. Fight. Love. Life. Seize the day!

 

(Tulisan asli pak Himawan Nugroho dapat dilihat disini)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s