Ngekos atau Pulang Pergi?

Jadi ceritanya kini saya sudah berkantor di perusahaan yang memang menjadi target saya sejak dulu. Permasalahannya adalah, ternyata saya tidak ditempatkan di kantor pusat (yang notabene tidak terlalu jauh dari rumah) melainkan di kantor regional di Bumi Serpong Damai (BSD). Well, it’s kinda far from my house (about 40 km). Akibatnya, saya menghadapi sejumlah pilihan yang dilematis, apakah harus ngekos atau bolak-balik Jakarta-BSD menggunakan moda transportasi kereta. Dan akhirnya opsi pertama yang saya ambil untuk saat ini.

Sebenarnya agak sayang juga mengeluarkan uang untuk ngekos, karena ini berarti gaji saya nantinya akan terpangkas untuk ini. Belum lagi biaya transportasi dari kos ke kantor (walaupun cukup murah sih) dan juga biaya makan malam (sarapan dan makan siang disediakan kantor). Padahal saya memiliki sejumlah rencana pengaturan finansial demi masa depan yang cemerlang *ceilah*. Selain itu, saya agak forever alone juga disini, secara teman-teman saya kebanyakan berdomisili di Jakarta. Buat saya pribadi, tak masalah jauh dari rumah, yang penting saya bisa tidur di rumah *ceilah lagi*.

So, right now I’m planning to try Commuter Line. It’s a whole new experience for me. Jikalau saya sudah cukup paham tentang rute dan tata cara menggunakan Transjakarta, maka tidak demikian dengan rute dan tata cara menggunakan Commuter Line. Saya ingin mencoba melakukan hitung-hitungan matematis, terutama dari dari sisi waktu, biaya, dan kenyamanan. Buat saya, ketiga hal ini cukup penting agar nantinya saya tidak kagok dan salah dalam menggunakan Commuter Line. Jika riset ini tidak saya lakukan, bisa-bisa saya nantinya malah nyasar.

Besar kemungkinan saya akan mulai mencoba Commuter Line pada Jumat depan, berhubung weekend ini saya sudah memiliki agenda lain di Bandung. So, we’ll see, apakah pulang pergi Jakarta-BSD menggunakan Commuter Line lebih murah dan nyaman dibanding dengan ngekos di BSD?

One thought on “Ngekos atau Pulang Pergi?

  1. Numpang nanya mas. Bagaimana yah hasil tes komuter line nya? Soalnya saya sekarang di posisi yang sama. Tinggal di Jakarta tapi bakal tugas di BSD. Ada opsi ngekos, kereta atau TransBSD. Trims ya sebelumnya.

    Like

Leave a Reply

