Kekuatan Sebuah Doa

Lima bulan ke belakang saya diajarkan oleh Tuhan bahwa bekerja keras dan sungguh-sungguh saja tidak cukup. Ada kekuatan lain yang lebih hebat dari “hanya” sekedar usaha. Kekuatan itu bernama doa.
Saya telah melalui belasan proses rekrutmen berbagai perusahaan, mulai dari yang besar dan ternama hingga perusahaan kecil yang tak pernah saya dengar namanya. Saya selalu berusaha sebaik mungkin agar bisa diterima di perusahaan-perusahaan tersebut. CV yang semenarik mungkin telah saya buat, observasi telah saya lakukan, latihan berbicara sudah saya biasakan, dan banyak hal lainnya. Tapi berita baik tak kunjung datang. Ada apa gerangan?

Saya pun sadar bahwa ternyata saya tidak bersungguh-sungguh dalam 1 hal : berdoa dan memohon kepada Sang Pencipta. Mungkin saat itu saya terlalu malu atau sombong sehingga saya merasa sanggup melakukan semuanya sendiri. Ternyata memang benar adanya, bahwa manusia tak bisa menolak jika Tuhan belum berkehendak. Dan mungkin Tuhan enggan mewujudkan keinginan saya karena saya memang tidak meminta dengan sungguh-sungguh.

Karena itulah, saya mulai perbaiki diri. Mencoba mendekatkan diri, memohon petunjuk, ampunan, rahmat dan hidayah kepada Yang Maha Kuasa, Yang Maha Berkehendak. Tuhan memang yang paling mengetahui apa yang terbaik untuk kita, hamba-Nya yang lemah ini. Kita hanya perlu bersabar, karena semua akan indah pada waktunya.

Dan pada akhirnya, Tuhan memenuhi janji-Nya. Tuhan seakan ingin membuktikan bahwa jika kita berdoa dan berusaha sungguh-sungguh, pasti segala pintu rejeki akan dibukakan. Dia menunjukkan hal itu ke saya, dengan cara yang tak terduga. Sungguh, tiada kata yang bisa saya ucapkan selain memanjatkan syukur yang sebesar-besarnya kepada Allah. Karena hanya Engkau yang bisa membuat semua ini terjadi.

Kini, saya memiliki sebuah permintaan lagi. Permintaan yang saya tuangkan dalam wujud doa dan harapan. Memang, hingga saat ini Engkau belum menunjukkan jalan-Mu, tapi saya percaya bahwa pada akhirnya Engkau akan memberikan yang terbaik. Dan sekali lagi, saya hanya perlu berusaha, berdoa, dan bersabar. Karena semuanya pasti akan indah pada waktunya. Semoga Engkau mengabulkan doa hamba-Mu ini, Ya Allah. Amin.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

