Project Terbaru : #ironi #jakarta

jalanan lancar kok malah masuk jalur transjakarta?

jalanan lancar kok malah masuk jalur transjakarta? (Dokumentasi Pribadi)

Saya sedang membuat project sederhana. Sebuah project yang betul-betul membuat saya interest dan bersemangat untuk bisa mewujudkannya. Project apakah itu?

Idenya berawal dari banyaknya pelanggaran yang terjadi di sekitar kita. Tidak hanya pelanggaran lalu lintas, tapi juga hal-hal lain seperti enggan membuang sampah pada tempatnya, tidak mendahulukan orang yang keluar dari lift, dan lain-lain. Selain itu, buruknya pelayanan publik juga menjadi hal yang sepertinya sudah biasa sehingga tidak ada penanggulangan lebih lanjut. Fenomena-fenomena ini menjadi sebuah ironi yang banyak ditemukan di kota-kota besar Indonesia, terutama di Jakarta.

Di sisi lain, saya memiliki ketertarikan pada dunia fotografi, terutama fotografi yang menggunakan mobile devices. Kecanggihan teknologi smartphone dan tablet yang telah memiliki kamera beresolusi tinggi membuat saya tidak perlu repot untuk membawa kamera DSLR setiap saat. Selain itu saya bisa memotret berbagai momen yang saya temukan kapan saja dan di mana saja. Memang kemampuan saya masih terbatas dan gak jago-jago amat, oleh karena itu saya membutuhkan banyak jam terbang untuk meningkatkan skill fotografi saya.

Nah, melihat potensi yang saya miliki dan banyaknya fenomena ironis yang terjadi di sekitar kita, maka saya tertarik untuk mendokumentasikan segala ironi tersebut dalam sebuah jepretan kamera. Hasil dokumentasi ini saya publikasikan melalui berbagai media sosial dengan tagar #ironi #jakarta. Bagi yang ingin melihat beberapa hasil jepretan saya bisa mampir ke tumblr saya disini.

Mungkin ada yang bertanya, ngapain sih repot-repot motoin kejadian aneh-aneh begituWell, tujuan saya sendiri sebenarnya sederhana. Saya hanya ingin kita berkaca dan menginstrospeksi diri kita, apakah kita tidak malu dengan berbagai pelanggaran yang kita lakukan? Jika semua peraturan dibuat hanya untuk dilanggar, kapan negara kita bisa menjadi negara maju? Saya rasa ini adalah hal mendasar yang menjadi permasalahan masyarakat Indonesia, yaitu masalah mental. Sulit sekali rasanya buat kita untuk mematuhi peraturan yang ada, bahkan sesimpel membuang sampah pada tempatnya. Untuk itu, semoga project #ironi #jakarta ini bisa menjadi pemicu kita untuk memperbaiki perilaku kita, warga Jakarta dan Indonesia.

Untuk sementara, berhubung saya masih berdomisili di Jakarta maka project ini masih berkisar pada fenomena-fenomena di Jakarta. Namun tidak menutup kemungkinan saya bisa mendokumentasikan ironi-ironi yang ada di daerah lain di Indonesia. Target saya sendiri adalah mengumpulkan 10.000 foto ironi yang didokumentasikan dengan rapi, dengan 1 foto setiap harinya. Target yang gampang-gampang susah, tapi semoga bisa terwujud. Bagi yang ingin membagi foto #ironi yang ditemukan, dengan senang hati lho saya terima🙂 Akhir kata, mari memotret #ironi #jakarta!

2 thoughts on “Project Terbaru : #ironi #jakarta

Leave a Reply

