Membeli Tiket Kereta Api Secara Online

Beberapa hari ini saya sedang mengurus tiket untuk bepergian ke Jogja di awal bulan Februari nanti. Awalnya saya pikir untuk memesan tiket harus datang langsung ke stasiun, namun ternyata dengan kemajuan teknologi sekarang ini hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Berdasarkan informasi dari Muhammad Ammar Wibisono, kawan saya yang juga seorang railfans, ternyata pemesanan tiket kereta api sudah dapat dilakukan secara online. Salah satu situs yang beliau rekomendasikan adalah tiketkai.com.

Image

Tampilan situs tiketkai.com (Dokumentasi Pribadi)

Untuk melakukan pemesanan lewat situs ini sendiri sangat mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan :

1. Mendaftarkan diri di situs ini. Siapkan data-data pribadi yang dibutuhkan. Yang paling penting adalah PASTIKAN NOMOR IDENTITAS (KTP/SIM/PASPOR) DAN NOMOR REKENING YANG DIISIKAN SUDAH TEPAT. Hal ini dikarenakan nomor identitas akan dicek saat penukaran tiket di stasiun, jika tidak cocok maka tiket tidak akan bisa diambil.

2. Setelah pendaftaran beres dan anda telah login, maka anda tinggal mencari tanggal keberangkatan berikut stasiun asal dan tujuan yang anda inginkan. Setelah itu akan ditampilkan pilihan kereta yang sesuai dengan kriteria pencarian anda. Pilihlah kereta yang paling sesuai dengan dana dan waktu yang anda miliki, lalu tentukan jumlah tiket yang ingin anda pesan. Satu orang dapat memesan hingga empat tiket.

3. Berikutnya anda akan diminta untuk melakukan pengisian data pembeli tiket. Kembali pastikan bahwa nomor identitas yang anda isikan sudah benar, karena bila tidak cocok maka akan berakibat tiket anda tidak bisa ditukar di stasiun.

4. Terakhir, anda akan diperlihatkan dengan data pembelian berikut lokasi tempat duduk yang anda pilih. Khusus untuk situs ini kita dapat mengubah lokasi tempat duduk sesuai keinginan. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan anda terutama jika anda berangkat secara rombongan.

5. Setelah segala data pemesanan telah dimasukkan, maka anda akan mendapat e-mail berisi data pemesanan anda dan biaya tiket + administrasi berikut tata cara pembayarannya. Segera lakukan pembayaran dalam waktu 2 jam setelah pemesanan karena jika tidak maka data pemesanan anda akan hangus.

6. Jika pembayaran telah dilakukan maka anda akan mendapatkan e-mail kembali berisi struk pembelian yang nantinya akan ditukar di stasiun. Penukaran sendiri maksimal dilakukan satu jam sebelum keberangkatan. Untuk berjaga-jaga, ada baiknya anda juga menyimpan bukti pembayaran yang didapat dari ATM.

Demikianlah langkah-langkah untuk melakukan reservasi tiket kereta api secara online. Mudah-mudahan sistem ini bisa memudahkan kita yang ingin bepergian menggunakan kereta api sehingga tidak perlu repot untuk datang ke stasiun. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s