Sayonara Ayam Kolgo! (Penggusuran PKL Gerbang Belakang ITB)

Penggusuran PKL di Belakang Kampus ITB (Sumber : http://doksos-lfm.tumblr.com/)

Hari ini linimasa twitter saya ramai oleh dua hal. Salah satunya adalah berita penggusuran PKL di gerbang belakang kampus ITB. Isunya sendiri sudah berhembus sejak lama, namun hari ini akhirnya dikonkretkan juga. Tentunya banyak pro dan kontra dari penggusuran ini. Opini pun bermunculan, salah satunya bisa dibaca disini. Menurut saya pribadi, penggusuran ini memiliki dua sisi. Di satu sisi penggusuran ini memang sudah sewajarnya dilakukan mengingat para PKL ini berada pada lokasi yang “ilegal”, namun di sisi lain hilangnya para PKL ini juga menimbulkan masalah baru baik untuk para mahasiswa dan juga untuk para PKL itu sendiri.

Masalah untuk mahasiswa adalah hilangnya lokasi alternatif untuk mencari makan dan juga mencetak tugas-tugas kuliah. Saya sendiri dulu mencetak draft Tugas Akhir saya di gerbang belakang, jadi tanpa adanya rental printer disana jelas saya tidak akan lulus. Selain itu, beberapa spot makanan favorit mahasiswa dapat ditemukan disini. Salah satunya adalah ayam kolgo yang legendaris itu. Terlepas dari kebersihan dan kenyamanannya, yang jelas para PKL ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa ITB sejak lama.

Nah, untuk para PKL sendiri masalahnya jelas, dimana mereka akan berdagang selanjutnya? Rasanya hal ini yang sampai sekarang belum jelas kelanjutannya. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa para PKL ini akan direlokasi ke daerah Gelap Nyawang, namun belum ada kepastian terkait hal ini. Kita tunggu saja perkembangan terbarunya, semoga para pedagang ini pada akhirnya bisa mendapatkan kembali hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan. Dan semoga pemerintah kota Bandung (terutama bapak Walikota Dada Rosada) membuka mata terhadap kesejahteraan padra PKL ini. Cukuplah warga Bandung saja yang dibuat susah karena banjir dan kemacetan yang tak kunjung bisa diselesaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s