2012 in Review

Kalau sudah menjelang akhir tahun biasanya banyak kita temui tulisan-tulisan mengenai resolusi awal tahun ataupun evaluasi akhir tahun. Nah, di kesempatan kali ini saya ingin sedikit membuat review tentang apa-apa saja yang saya alami selama 2012 ini. Bisa terkait resolusi yang telah saya rencanakan ataupun kejadian-kejadian menarik yang saya alami selama tahun ini. So, here we go.


Awal tahun ini saya awali dengan perjalanan keliling Indonesia. Well, enggak dari Sabang sampai Merauke sih, tapi at least saya menjangkau tanah Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dalam rentang 2 minggu. Liburan ke Belitong bersama keluarga dan backpacking bersama kawan-kawan ET08 ke Lombok merupakan salah satu pengalaman paling mengesankan selama 2012 ini. Menikmati keindahan alam Indonesia dan mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Ini yang membuat saya ingin sekali keliling Indonesia dan juga keliling dunia suatu saat nanti.

Selain pengalaman menyenangkan tersebut, tentunya 2012 tak bisa lepas dari yang namanya balada tugas akhir. Berhubung saya adalah mahasiswa tingkat akhir maka tekanan untuk segera lulus sangatlah besar. Pertanyaan-pertanyaan yang cukup menghantui setiap kali bertemu sanak saudara seperti “kapan lulus?” dan “kapan kerja?” seperti sudah tidak asing lagi. Inilah yang menjadi makanan sehari-hari saya. Untuk itulah saya dan teman-teman berjuang sekuat tenaga dengan berbagai cara untuk bisa menyelesaikan Tugas Akhir. Hampir setiap hari saya habiskan dengan bermalam di Lab demi melakukan riset dan ujicoba perangkat tugas akhir saya. Tentu saja diselingi dengan hiburan-hiburan seperti web kisahresidensi dan juga main PES bersama. Dan akhirnya berkat izin Allah SWT saya berhasil menyelesaikan studi di ITB pada tanggal 20 Oktober 2012 yang lalu. Alhamdulillah, satu tahap telah dilewati.

Tapi tahun ini tidak hanya erat dengan cerita sukacita. Ada pula kenangan-kenangan pahit yang dialami selama tahun ini. Kegalauan melihat rekan-rekan yang sudah lulus terlebih dahulu dan rasa frustasi dengan Tugas Akhir yang sulit adalah beberapa diantaranya.Β Masa-masa sulit lainnya adalah fakta bahwa hingga saat ini saya masih menjadi beban negara (baca : pengangguran). Sungguh, mencari pekerjaan benar-benar bukan perkara gampang. Kalau kata teman saya, ini memang soal jodoh-jodohan, sulit ditebak. Waktu mendapatkannya pun sulit diprediksi. Ada kawan saya yang lulus lebih dahulu tapi belum mendapat pekerjaan hingga sekarang, ada juga yang lulus bareng saya tapi langsung dapat pekerjaan hanya dalam rentang 1 minggu sejak wawancara. Yah, tapi saya percaya, jodoh gak akan kemanaπŸ™‚

Well, inilah sedikit rangkuman tahun 2012 yang saya alami. Untungnya isu kiamat hanya hoax belaka, jadi saya masih bisa menyambut 2013 dengan optimisme dan keyakinan yang tinggi. Tetap semangat menyambut tahun yang baru dan semoga kita semua sukses!

Leave a Reply

