Abis Lulus Mau Ngapain?

Ada sebuah kebanggaan tersendiri ketika kita pada akhirnya berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Hal ini wajar mengingat menjalani kuliah bukan perkara mudah. Segala effort pasti sudah dikeluarkan secara maksimal, mulai dari sisi finansial hingga dari sisi kemampuan akademis kita sebagai peserta didik.


Nah, yang jadi masalah adalah ketika kita bingung menentukan arah selanjutnya. Kemana kita harus melangkah? Memang lulus dari kuliah tidak sama seperti saat dulu masih menjalani pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA) dimana biasanya sudah ada jenjang pasti yang dilalui. Lulus SD, ya masuk SMP. Lulus SMP ya masuk SMA. Mungkin biasanya ada sedikit kegalauan waktu mau memilih jurusan, tapi tetap saja biasanya ini merujuk ke sesuatu yang pasti. Tapi lulus kuliah berbeda, karena kita benar-benar dihadapkan dengan dunia yang realΒ dan ada banyak pilihan yang bisa kita ambil secara bebas. Tentu dengan konsekuensinya masing-masing.

Lantas apa sih yang biasanya menjadi pilihan mereka yang baru lulus? Saya mencoba sedikit merangkum berdasarkan pengamatan dan ngobrol-ngobrol dengan beberapa kawan ataupun senior. Ini kira-kira pilihan setelah lulus :

1. Kerja

Rasanya ini adalah pilihan yang paling banyak diambil oleh mereka yang baru lulus. Pilihan ini sendiri bahkan mungkin sudah tertanam jauh-jauh hari sebelum mereka lulus, misalnya saat pertama kali masuk perguruan tinggi. Pilihan lapangan kerjanya pun bervariasi, ada yang sesuai dengan bidang jurusan yang ditekuni atau memilih untuk berkarir di perusahaan yang memberikan jaminan finansial tinggi (baca : oil & gas company). Pilihan untuk bekerja menurut saya adalah yang paling fleksibel, karena nantinya bisa berkembang ke pilihan-pilihan lain yang akan saya bahas selanjutnya. Tantangannya hanya satu : jumlah lapangan kerja < pencari kerja.

2. Melanjutkan Studi

Pilihan ini biasanya diambil oleh mereka yang lebih berjiwa akademisi. Jadi mereka tidak akan masuk ke dunia kerja sebelum memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi. Kebanyakan mereka yang melanjutkan studi memilih untuk melanjutkannya di luar negeri. Alasannya bervariasi, mulai dari fasilitas riset yang jauh lebih bagus dibanding di Indonesia sampai hanya ingin merasakan bagaimana hidup di luar negeri (seperti saya). Banyak yang begitu lulus sarjana langsung melanjutkan studi magister bahkan hingga doktor, tapi banyak juga yang memilih bekerja dulu untuk menimba pengalaman sambil mempersiapkan persyaratan untuk mendapat beasiswa.

3. Membuka Bisnis Sendiri

Ini juga sekarang mulai menjadi pilihan yang populer. Konon katanya supaya Indonesia menjadi negara maju dibutuhkan sekitar 2% enteprenur, namun di negara kita jumlahnya belum mencapai angka tersebut. Karena itulah kini banyak diadakan seminar-seminar dan pelatihan wirausaha untuk mendorong para mahasiswa menjadi pengusaha setelah lulus. Nah, biasanya mereka yang mengambil jalur ini adalah mereka yang telah merintis usaha kecil-kecilan saat kuliah. Mungkin tadinya hanya sampingan, tapi setelah sukses mulai dipertimbangkan untuk diseriuskan. Ada juga yang merasa bahwa passion-nya adalah menjadi entepreneur dan bukan di bidang keilmuan yang sedang dipelajari. Pilihan ini sendiri biasanya juga bisa diambil oleh mereka yang tadinya sudah bekerja. Bisa karena mereka tidak merasa cocok di dunia kerja, atau bisa juga karena memang ingin membuka bisnis yang bergerak di bidang seperti bidang kerja mereka dulu.

Ini adalah tiga pilihan yang paling umum diambil. Masih ada juga sejumlah pilihan lain, seperti langsung menikah ataupun memilih menganggur dulu dan travelling, tapi persentasenya biasanya tidak banyak. Jadi, mana pilihanmu? Ayo tentukan sejak dini supaya kamu tidak bingung menentukan arah masa depanmu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s