Alhamdulillah!

Tiada kata yang paling tepat untuk diucapkan selain mengucap syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah Dia berikan kepada saya hingga saat ini. Sungguh, hanya karena izin dari Allah saya akhirnya bisa menyelesaikan perkuliahan yang telah saya jalani selama 4 tahun ke belakang. Banyak cerita, kenangan dan pelajaran berharga yang saya raih selama menuntut ilmu di ITB. Tapi tentu salah satu yang paling berkesan adalah perjuangan di tingkat akhir terutama dalam menyelesaikan Tugas Akhir saya.

Kalau dipikir-pikir, saya sejujurnya tidak menyangka bahwa pada akhirnya tugas akhir ini bisa selesai. Hambatan dan tantangan sungguh banyak menghadang, mulai dari ketidakcocokan dengan topik awal yang dipilih, kesulitan mencari referensi, sulit melakukan pengambilan data, sampai mood yang naik turun selama menulis draft tugas akhir. Ada kekhawatiran juga kalau saya bakal molor melihat kondisi ini. Tapi memang kuncinya ada di ikhtiar yang sungguh-sungguh dan juga berdoa. Selain itu saya sudah keburu berjanji ke orang tua dan juga sanak saudara bahwa saya akan lulus oktober nanti, karena itu saya berusaha keras untuk memenuhi janji ini.
 
Hal lain yang menegangkan dalam masa-masa tingkat akhir ini adalah sidang tugas akhir. Siapa sih yang gak ketakutan dan tegang? Saya pun demikian. Lebih menegangkan lagi karena jadwalnya baru dirilis kurang dari 24 jam menjelang jadwal sidang pertama. Untungnya bukan saya yang “sial” karena dapat jadwal pertama. Tapi yang membuat tegang adalah daftar penguji yang saya dapatkan. yang satu kaprodi, yang satu terkenal jahil dan punya spesialisasi tentang topik saya, dan yang satu lagi terkenal moody kalau sedang mengajar. Lengkap sudah kombinasinya. Tapi beruntunglah saya, sidangnya tidak seseram yang saya bayangkan. Suasana yang terbangun cukup santai dan tidak ada intimidasi yang berlebihan. Namun tetap saja faktor tegang membuat jawaban saya sering tidak nyambung dan kemana-mana sehingga kerap dicecar. Namun semuanya berhasil saya lalui dengan baik.
 
Terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan mendoakan saya selama ini, terutama orang tua, dosen pembimbing, dan teman-teman seperjuangan saya. Tanpa bantuan kalian semua saya tidak akan bisa menyelesaikan semua ini. Mudah-mudahan kelulusan ini menjadi langkah awal untuk menatap masa depan yang cemerlang. Amin!

Leave a Reply

