Mengurus Perpanjangan KTP

Hari senin kemarin saya baru saja menyelesaikan urusan perpanjangan KTP. Kebetulan minggu depan masa berlaku KTP saya telah habis, dan karena beberapa hari lagi sudah masuk libur lebaran maka harus segera diurus. Berikut akan saya coba ceritakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan perpanjangan KTP di kelurahan Pondok Kelapa tempat saya tinggal.

1.       Datanglah ke kantor RT dan RW untuk mengurus surat pengantar perpanjangan KTP. Sertakan fotokopi KTP dan fotokopi kartu keluarga untuk mempermudah pengisian kolom-kolom di surat pengantar.

2.       Datang ke kantor kelurahan lalu ambil nomor antrian. Ada dua nomor yang kita ambil, satu nomor kita serahkan bersama berkas-berkas ke loket KTP dan satu nomor lagi kita pegang untuk menjadi pegangan ketika nomor kita dipanggil.

 3.       Begitu dipanggil, segera masuk ke ruangan yang disediakan. Disini kita akan sedikit “diwawancara” untuk memastikan data-data untuk di KTP sudah benar. Selain itu kita akan diambil sidik jarinya serta difoto untuk pasfoto di KTP. Terakhir, seluruh berkas yang ada kita serahkan ke petugas dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000,00. Sebagai gantinya kita diberikan tanda terima yang berfungsi sebagai KTP sementara kita yang nantinya digunakan untuk mengambil KTP baru.

Proses pembuatan KTP ini sendiri tidak memakan waktu yang lama. Total kira-kira hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk mengurus semua hal diatas. Antriannya sendiri tidak terlalu ramai, mungkin karena sudah masuk masa liburan sehingga tidak banyak yang mengurus. KTP yang baru pun bisa diambil 2 hari setelah saya mengurus permohonan perpanjangan KTP. Dari sini saya melihat bahwa sebenarnya sistem yang ada pun sudah cukup baik dan tidak terlalu merepotkan. Mudah-mudahan kinerja bagus ini tidak hanya ada di kelurahan saya tapi juga di instansi-instansi pemerintah lainnya.

2 thoughts on “Mengurus Perpanjangan KTP

  1. Ga, sudah melakukan perekaman data e-KTP? Dapat informasi bagaimana hubungan antara perpanjangan KTP ini dengan proses e-KTP? Kan kira-kira dalam beberapa bulan lagi akan dibagikan e-KTP, apakah KTP gaya lama ini tetap akan menjadi identitas sementara sebelum e-KTP resmi dibagikan kira-kira?

    Like

  2. halo kak amri. kebetulan saya udah melakukan perekaman data e-KTP tapi saya gak dapet informasi lebih lanjut ttg hubungan antara perpanjangan KTP dg si e-KTP itu sendiri. Saya kurang tahu kapan persisnya si e-KTP ini bakal dibagikan, tp seingat saya ada statement kalo e-KTP ini bakal dibagikan serentak se-Indonesia. Artinya kt msti menunggu sampe seluruh Indonesia beres melakukan proses perekaman data e-KTP. Jadi rasanya KTP lama masih akan jadi identitas sementara sampai e-KTP keluar.

    Like

Leave a Reply

