Tips Sukses Tugas Akhir

Di tengah kepenatan mengerjakan tugas akhir, ada baiknya saya berbagi tips agar adik-adik 2009 (khususnya ET09) bisa sukses menyelesaikan tugas akhir tepat waktu. Tips ini memang saya buat spesifik untuk jurusan teknik telekomunikasi, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga diterapkan untuk jurusan lain. Semoga bermanfaat.



1. Telematika atau Radar?
Tentukan terlebih dahulu minat kalian. Tentunya setelah 3 tahun berkuliah di jurusan ini kalian sudah tau dimana kalian lebih tertarik, apakah di kelompok keahlian telematika (yang lebih banyak tentang ngoding ataupun pengetahuan jaringan) ataupun di radar (yang biasanya lebih banyak tentang simulasi, hitung-hitungan serta perancangan antena dan filter). Atau mungkin kalian sudah muak dengan segala yang berbau engineering? Maka mungkin hal-hal yang berbau manajemen, ekonomi maupun kebijakan bisa menjadi pilihan minat kalian. It’s up to you, yang penting jangan menyesal dan mantapkan pilihan kalian.

2. Style menentukan pembimbing!
Setelah yakin dengan minat kalian, saatnya menentukan seperti apa style kalian. Style yang saya maksud disini adalah gaya belajar terutama dalam mengerjakan tugas akhir, apakah kalian lebih senang jika ada panduan ataupun petunjuk jelas ataupun lebih senang jika kalian mengeksplorasi sendiri. Ini penting karena pada akhirnya hal ini bisa menjadi referensi kalian dalam menentukan pembimbing yang cocok. To be fair, dosen teknik telekomunikasi menurut saya secara umum cenderung melepas mahasiswanya, namun ada beberapa yang membimbing dengan baik sampai memberikan step-by-step yang jelas. Karena itu jangan sampai salah pilih pembimbing karena sekali salah maka masa depan anda yang jadi taruhannya.

3. Malu bertanya sesat di jalan
Intinya sih kalian disarankan banyak ngobrol sama angkatan-angkatan atas terutama tentang TA secara umum. Dari oborlan ini kalian nantinya bisa dapet banyak referensi tentang bagaimana gaya membimbing dosen A, topik yang biasanya ditawarkan dosen B, gimana si dosen C saat sidang, dan lain-lain. Menurut saya ini bentuk knowledge sharing paling bagus karena objek yang ditanya adalah orang-orang yang sudah mengalami, jadi jangan malu-malu bertanya!

4. Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas!
Well, setelah ketiga langkah diatas sudah kalian lakukan, sisanya tinggal bekerja keras agar tugas akhir kalian bisa selesai dengan baik. Pastikan kalian memang sudah yakin dengan semua pilihan kalian. Pastikan juga bahwa kalian nyaman dengan topik pilihan kalian. Aturlah waktu kalian seefektif mungkin agar tidak keteteran di masa-masa deadline, misalnya dengan menghabiskan waktu 2 jam per hari untuk mengerjakan TA. Jika perlu kalian bisa juga mampir ke perpustakaan STEI untuk meminjam sejumlah literatur ataupun TA yang sudah lama sebagai referensi. Googling di internet juga bisa menjadi pilihan efektif kalian. Dan tentunya jangan lupa berdoa, karena hanya Tuhan yang bisa mengizinkan TA kita selesai.

Mungkin masih banyak tips-tips lain yang bisa kalian lakukan, tapi saya rasa ini yang paling penting. Tetap semangat dan semoga berhasil menjalani tahun terakhir sebagai mahasiswa ITB! AMIN!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s