ET08 Farewell Trip : The Summary

Orang bijak pernah berkata : setiap ada awal, pasti ada akhir. Begitu pula dengan masa perkuliahan kita di ITB. Tak terasa, bulan Juni nanti sebagian dari kawan-kawan ET08 akan resmi menjadi sarjana dan meninggalkan kampus gajah. Rasa senang dan sedih tentunya bercampur jadi satu. Namun tak ada salahnya jika momen-momen terakhir ini dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama di suatu tempat yang bisa memberi kesan mendalam. Jadilah kami adakan sebuah malam perpisahan bertajuk ET08 Farewell Trip yang diadakan pada Selasa-Rabu (26-27 Juni 2012) di Purwakarta.



Sekitar 30an orang ikut serta dalam acara kali ini. Suatu jumlah yang cukup banyak sehingga sempat membuat kami kelimpungan dalam mengurus transportasi dan konsumsi. Beruntung semuanya bisa beres tepat waktu. Singkat cerita, hari yang dinanti telah tiba. Semua perlengkapan sudah siap. Namun tak lupa kami beribadah dahulu, memohon doa kepada Allah SWT supaya dimudahkan.


Dirikanlah Sholat
(Dokumentasi Pribadi)

Tujuan pertama kami adalah rumah dari putra daerah kebanggaan Purwakarta, Sandy Akbar Nusantara. Beliau bersedia menyediakan konsumsi berupa sate maranggi untuk kami semua secara cuma-cuma. Sungguh menyenangkan memang bisa menikmati makanan enak secara gratis😀 Belum lagi orang tua Sandy yang ramah membuat kami cukup nyaman berada disini. Tak lupa kami mengabadikan momen-momen disini lewat jepretan kamera.


Ada Snorlax!
(Dokumentasi Pribadi)

Setelah puas bersantai sambil foto-foto, kami singgah sejenak di masjid agung Purwakarta untuk sholat ashar. Masjidnya cukup besar dan nyaman serta ber-AC, karena itulah kami cukup betah disini hehehe. Namun waktu juga yang membuat kami harus segera menuju destinasi berikutnya yaitu Waduk Jatiluhur. Kami cukup beruntung karena kami datang saat weekdays sehingga tidak perlu membayar tiket masuk. Jadilah pengeluaran kami menjadi lebih hemat. Anyway, sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial dari waduk ini. Namun view menjelang matahari terbenam membuat tempat ini menjadi cukup menarik bila diabadikan lewat gambar. Salah satunya adalah gambar yang cukup unik dari saudara Pedca.


Serupa tapi tak sama?
(Dokumentasi Pribadi)

Supaya ada sesuatu yang bisa dikenang, kami akhirnya menyewa kapal motor yang ada disana. Berkat nego dari Sandy, kami bisa menyewa 3 kapal dengan harga 240 ribu rupiah saja, hemat sekitar 100 ribu dari harga aslinya. Berhubung kami terlalu banyak berada di lab dan juga di kampus, mungkin kami semua menjadi norak saat di kapal sampai-sampai semuanya menjadi banci foto. Imbasnya saya pun menjadi most wanted person karena hanya saya yang membawa kamera dan semuanya ingin difoto.


Dokumentasi Pribadi
Kemana sebenarnya tujuan kapal kami? Menurut mas yang mengantar kami, kita akan dibawa ke pulau yang namanya pulau Kalajengking. Entah kenapa dibilang demikian, yang jelas tempat ini tak layak disebut pulau karena terlalu kecil :)) Disini kami lebih banyak bermain lempar batu dan tentunya foto-foto. Oiya, kami cukup beruntung karena biaya transportasi kapal disponsori oleh saudara Baroto Ihsan, jadi lagi-lagi hemat biaya😀

Puas tertawa dan menikmati percikan air di waduk Jatiluhur, kami langsung menuju Villa milik Reza Hakim. Tempatnya cukup nyaman terutama dari sisi udaranya, tak terlalu dingin namun juga tak panas. Para lelaki mendapat kamar yang tidak senyaman perempuan karena ada AC dan LCD TV disana. Tapi tak apa,yang penting kebersamaannya kan? Kegiatan kami disini lebih banyak bersenang-senang, seperti tukar kado, bakar-bakaran dan juga main games sampai pagi. Berhubung kado yang harus dibawa harus bernilai antara 10-15 ribu rupiah jadi kami harus kreatif dalam memilih-milih kado. Hasilnya banyak sekali kado yang unik, mulai dari uang 10ribu yang dibungkus sedemikian rupa sampai CD berisi kumpulan episode 1 dari semua TV Series. Saya sendiri beruntung karena mendapat kaos lombok.

Hadiah paling epic dari Haryanda Eka Putra buat Irene Mahadhika
(Dokumentasi Pribadi)
Puas tertawa setelah melihat kado-kado yang diberikan oleh orang-orang, kegiatan kami berikutnya adalah bakar-bakaran! Disini butuh kerjasama dan kerja keras dari semua orang karena sungguh tak mudah menyiapkan segala perlengkapannya. Kami butuh waktu sekitar 1 jam untuk menyiapkan makanan hingga membakar semuanya, namun hanya butuh sekitar 10 menit untuk menghabiskannya. Sungguh waktu yang tidak sepadan. Kualitas makanan yang telah dibakar pun sebetulnya patut dipertanyakan, namun kami tak peduli karena kami sangat lapar :))

Jagung Bakar Mantap!
(Dokumentasi Pribadi)
Rasanya malam ini terlalu sayang jika langsung dihabiskan dengan tidur, karena itu kami memilih bercengkerama bersama sambil bersenda gurau. Dan akhirnya kami memanfaatkan waktu yang ada untuk bermain werewolf, semacam permainan role-play yang bertujuan untuk menghabiskan semua werewolf yang ada di suatu desa. Ada juga yang bermain Uno Stacko dengan tantangan yang fantastis, yaitu memakan sambal jika tumpukan Uno ini terjatuh. We really had so much fun that night.

Main Werewolf dipimpin momod Ijul
(Dokumentasi Pribadi)
Tapi pada akhirnya kami memang tetap butuh istirahat. Pukul 02.30 pagi kami semua baru mengakhiri segala aktivitas. Tak heran jika di pagi hari masih banyak yang tumbang akibat kurang tidur. Dan setelah cukup puas terlelap, sebagian besar dari kami menceburkan diri ke kolam renang sambil bermain polo air. Pertandingannya sendiri cukup seru hingga membuat semua orang tertawa karena tingkah polah para pemainnya.

Dokumentasi Pribadi
Dan tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 11 siang. Saatnya kami semua untuk pulang kembali ke Bandung. Memang waktu 1 hari tidaklah cukup, karena itu semoga kami semua mendapat kesempatan untuk berkumpul kembali seperti ini suatu saat nanti. Dan mudah-mudahan ketika itu kami semua telah sukses. Amin. Because every ending is just another new beginning.

Sahabattelkom 2008, see you next time!
(Dokumentasi Pribadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s