Review Semester 8 : Final Semester in ITB (Amin!)

Halo! Apa kabar semuanya?


Sudah agak lama blog ini saya tinggalkan. Maklum lah, sedang bosan menulis dan fokus mengerjakan beberapa hal lain yang dirasa cukup penting. Namun kini mood saya sudah kembali, dan tak ada salahnya untuk menyempatkan sedikit waktu untuk menulis lagi. Kali ini saya akan mencoba me-review kembali mata kuliah yang saya ambil semester ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi adik-adik kelas saya yang mungkin bingung dalam mengambil mata kuliah di prodi Teknik Telekomunikasi untuk semester depan.



1. Kerja Praktek


Kebanyakan teman-teman saya mengambil mata kuliah ini di semester 7, namun saya lebih memilih untuk mengambil di semester 8 karena bisa membuat saya lebih santai selama masa kuliah. Niatnya sih supaya fokus mengerjakan tugas akhir, namun apa daya ternyata tak ada pengaruhnya :)) Kuliah ini sendiri dilakukan dalam 1 kali pertemuan saja, yaitu mempresentasikan hasil kerja praktek yang telah dilakukan. Ada sesi tanya jawab juga, namun pertanyaan bisa diatur dan dibagi-bagi sehingga semua bisa bertanya dan mendapat nilai yang bagus. Jika sudah bekerja sama di kelas saat presentasi, nilai A harusnya sudah di tangan.


2. Jaringan Telekomunikasi Lanjut


Dari judulnya sudah jelas, mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari Jaringan Telekomunikasi yang sudah pernah diambil di semester 4. Materi yang dibahas sendiri sebenarnya cukup menarik, seperti tentang IP Multicasting, Mobile IP dan juga IP Quality of Services. Sayangnya sang dosen kerap kali tidak hadir. Seingat saya, hampir 2 bulan kuliah ini tidak ada kelas akibat ketidakhadiran beliau. Akibatnya kuliah dikebut di akhir-akhir. Penilaian sendiri dilakukan lewat kuis, UTS dan UAS. Semuanya open book. Kehadiran tidak dihitung. Nilainya pun alhamdulillah bagus-bagus. Jadi sangat recommended buat kalian yang mengincar nilai dan juga ilmu yang bermanfaat.


3. Kapita Selekta Telekomunikasi


Kuliah ini lebih berupa kuliah umum yang mengundang para praktisi telekomunikasi untuk memberikan penjelasan yang lebih riil tentang seperti apa sebenarnya dunia telekomunikasi itu. Untuk kali ini formatnya diubah dibanding sebelum-sebelumnya, dengan dipadatkan selama satu pekan menjadi sebuah acara seminar berjudul Tel-IP Week. Beberapa pembicara yang hadir antara lain adalah Himawan Nugroho (orang Indonesia pertama pemegang triple CCIE) dan juga Dian Siswarini, salah satu jajaran direksi XL. Selain itu ada juga temu civitas dan makan-makan bersama. Tugasnya sendiri adalah membuat resume dari tiap pembicara dalam bentuk mind map dan juga e-pub secara berkelompok. Untuk kedepannya sendiri belum jelas apakah formatnya akan tetap seperti ini atau tidak, tapi berharaplah agar tetap seperti ini😀


4. Manajemen Inovasi


Ini adalah mata kuliah pilihan dari Teknik Industri. Kuliah ini saya ambil untuk melengkapi mata kuliah pilihan non-prodi yang harus saya ambil supaya bisa lulus. Bisa dibilang kuliah ini adalah salah satu kuliah favorit saya, karena hanya dilaksanakan 1 hari (padahal bebannya 3 sks) dan dosen yang mengajar sangat inspiratif. Secara umum kuliah ini mengajarkan tentang prinsip-prinsip inovasi dan bagaimana menerapkannya dalam suatu industri. Namun terkadang menyinggung juga soal entepreneurship berhubung sang dosen adalah seorang pengusaha. Penilaian sendiri dari tugas-tugas, UTS, UAS dan juga tugas besar. Absen tidak dihitung. Biasanya kuliah ini (terutama dengan dosen bapak Joko Siswanto) adalah kuliah paket A, namun entah kenapa kali ini banyak perubahan sehingga banyak yang tidak dapat A. Namun jika ingin mencari ilmu yang menarik kuliah ini bisa menjadi pilihan.


5. Tugas Akhir II


Tentunya sudah jelas bahwa kuliah ini adalah mengerjakan tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan. Biasanya jika sudah masuk TA 2 maka topik sudah fix dan juga sudah mulai melakukan simulasi, konfigurasi, ataupun pembuatan sistem. Namun tak jarang juga ada yang berganti topik, seperti saya ini. Yang penting adalah segeralah selesaikan tugas akhir anda karena tidak baik berlama-lama di kampus ini.


Itulah sedikit cerita tentang kuliah yang saya ambil di semester 8 ini. Semoga bermanfaat buat siapapun yang membacanya. Tetap semangat!

Leave a Reply

