HME di Mata Saya

24573_1428121828079_1383813388_1164590_4098637_n.jpg (720×479)
sumber : http://fitrianp.wordpress.com/  

Saya masih ingat ketika pertama kali memegang buku “HME for Dummies” saat masih menjadi peserta MBC dulu. Tulisan yang ada di halaman belakang buku ini sungguh menarik perhatian dan menginspirasi saya untuk banyak berkegiatan di HME. Tulisannya kurang lebih seperti ini :

HME ITB tempat bermimpi, belajar, berkarya dan berkontribusi

                Saya terinspirasi sekaligus penasaran, apakah kata-kata tersebut benar adanya? Dan selama 2 tahun kemarin saya sudah membuktikan kebenarannya.


                Di HME saya dituntut untuk terus bermimpi. Tanpa mimpi, kita hanya akan menjadi manusia tanpa arah, tanpa tujuan hidup. Ya, saya menemukan banyak sekali orang hebat dengan mimpi-mimpi yang hebat pula disini. Ada sebuah perasaan “tertekan” jika melihat orang lain sudah menjadi orang hebat berkat mimpi-mimpinya di HME. Dan hal inilah yang memacu kita untuk menjadi orang yang sama hebatnya bahkan bisa menjadi lebih hebat lagi. Contoh sederhananya, saya punya seorang teman yang bermimpi untuk bisa menjadi juara kontes robot nasional dan internasional saat dulu masuk HME. Dan selama menjadi anggota HME dia terus belajar dan belajar demi bisa mewujudkan mimpinya ini. Hasilnya pun tak sia-sia, beberapa minggu yang lalu dia berhasil menjuarai sebuah kontes robot internasional. Hal inilah yang membuat saya dan teman-teman yang lain bangga sekaligus termotivasi. Dan suasana seperti ini, dimana kita difasilitasi untuk terus bermimpi, hanya bisa didapatkan di HME.

Tim Robot ITB (Sumber : http://stei.itb.ac.id)
                Mimpi tanpa usaha tentu saja adalah hal yang sia-sia. Karena itulah HME menyediakan berbagai wadah untuk kita mengembangkan diri. Mulai dari kemampuan dasar sebagai mahasiswa elektroteknik seperti elektronika praktis ataupun pengetahuan jaringan, sampai ke kemampuan organisasi dan kepemimpinan. Semua ini cuma bisa didapatkan di HME. Dan harus saya akui, diri saya yang saat ini adalah hasil dari pembelajaran yang saya alami selama saya aktif di HME. HME telah membentuk saya menjadi pribadi yang siap menatap masa depan. HME telah membantu saya mewujudkan salah satu tujuan HME itu sendiri yaitu membentuk sarjana elektroteknik yang utuh.

                Berbagai media pembelajaran yang ada di HME mengarahkan kita kepada 2 hal, yaitu menghasilkan karya dan kontribusi nyata ke masyarakat. Sekali lagi, suasana yang ada di HME benar-benar menunjang saya dan para anggotanya untuk terus memacu diri agar terus menghasilkan sesuatu, sekecil apapun karya itu. Salah satu contohnya adalah ketika ada lomba PKM. Berkat keberhasilan sejumlah anggota HME pada PIMNAS periode sebelumnya, maka saya dan banyak anggota HME yang lain menjadi bersemangat untuk bisa mencapai hal yang sama. Karena itulah saya dan teman-teman yang lain mengikuti PKM juga, walaupun hasilnya belum memuaskan. Tapi setidaknya, kami terus melakukan usaha agar bisa menghasilkan karya yang kami banggakan.

Beberapa anggota HME yang sukses di PIMNAS 2011 (Sumber : http://rousyan.wordpress.com)  

           Dalam hal pengabdian masyarakat, kapasitas HME tak perlu diragukan lagi. PALAPA adalah bukti nyata bahwa HME tidak tinggal diam dalam melihat permasalahan di masyarakat. Slogan PALAPA yaitu karena satu tindakan mengalahkan seribu ucapan benar-benar terpatri di hati para anggota HME sehingga semua yang kami lakukan bertujuan untuk kebaikan masyarakat. Berkat HME, saya menjadi tersadar bahwa saya tidak bisa memikirkan diri sendiri dalam hidup ini. HME telah membantu membuka pikiran dan hati saya untuk bisa memberikan sesuatu ke masyarakat. Kontribusi benar-benar menjadi sebuah nilai yang harus dimiliki oleh para anggota HME.

HME Masuk Desa, salah satu rangkaian pre-event menuju PALAPA HME ITB (Sumber : http://stei.itb.ac.id


                HME telah memberikan arti yang sangat mendalam buat saya. Dan saya berharap tidak hanya saya yang mendapatkan manfaat dari HME. Semua orang tentu saja bisa mendapatkan manfaat dari HImpunan ini, karena HME itu bukan tentang himpunannya tapi tentang anggotanya. OK CHAMP!

*Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba Writing Contest PETIR PIJAR 2012. Dibuat dalam waktu sepuluh menit saja. Semoga bisa juara.

Leave a Reply

