Mereka di Mata Saya (3)

Kali ini saya kembali mencoba memberikan sedikit testimoni tentang orang-orang yang dekat dengan saya. Berhubung masih dekat dengan suasana wisuda April, maka kali ini saya akan menulis khusus buat beberapa dari para wisudawan HME ITB yang cukup memberi inspirasi untuk saya. Tidak semua akan saya tuliskan disini, jadi mohon maaf ya😀



1. Fitrian Pambudi (Pambudi)
Mantan kahim HME yang satu ini sempat saya ragukan kapabilitasnya di awal masa kepemimpinannya dulu. Beliau terlihat kaku dan kurang bersikap layaknya seorang pemimpin yang seharusnya menjadi contoh kepada para anggotanya. Namun Pambudi terus berkembang dan belajar menjadi sosok yang lebih baik lagi. Pemikiran-pemikirannya sungguh menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Pambudi punya ciri khas ketika berbicara, yaitu kecepatannya bicaranya yang terkadang membuat orang-orang tidak mengerti. Selain itu ada sejumlah kata-kata favorit yang kerap diucapkan, seperti “terkait dengan” serta “dan sebagainya”. Namun di luar itu, Pambudi adalah orang yang hebat dan berdedikasi tinggi.
Pambudi dan Pendamping Wisudanya (Sumber : Profile FB Fitrian Pambudi)

2. Ichsan Mulia Permata (Imul)
Imul adalah sekjen HME sebelum saya. Saya mengaguminya sebagai sosok yang visioner dan memiliki kemampuan retorika yang tidak perlu diragukan lagi. Pemikirannya yang sistematis, logis dan membuka pikiran sungguh membuat saya dan mungkin sebagian besar massa HME mengaguminya. He’s born to be a leader. Sayang saja Tuhan belum memberi kesempatan kepadanya untuk memimpin HME saat pemilu dulu. Terlepas dari apa yang terjadi saat itu, Imul adalah orang yang paling ikhlas yang pernah saya kenal. Dia tidak peduli dengan apa yang dipikirkan orang, karena dia melakukannya dengan hati. Saya pun banyak meminta masukan kepadanya tentang banyak hal, seperti bagaimana saya harus menjalankan tugas sebagai sekjen dan hal-hal lain seputar HME dan MBC dulu. Imul adalah salah satu orang yang mungkin akan saya rindukan setelah ini.

Duo mantan Sekjen HME (Dokumentasi Pribadi)

3. Reza Narindra Muhammad (Eja)
Mantan ketua MPA dan ketua MBC sebelum saya. Saya banyak mengagumi Eja terutama dari tulisan-tulisannya yang sungguh berkarakter dan menarik untuk dibaca. Entah itu hanya sekedar menanggapi hal yang sedang hangat di milis ataupun buah pemikirannya di blog pribadinya. Saya juga sempat membaca tulisannya di sebuah buku tentang Dahlan Iskan yang menurut saya sangat menarik, penuh dengan data, fakta, serta pemikiran yang mantap. Beliau juga sungguh perhatian dengan HME dan perkembangan kampus. Hal ini ditunjukkan dengan seringnya beliau bertanya kepada kepada saya dan teman-teman yang lain tentang perkembangan HME dan kampus. Beliau juga sosok yang visioner terutama untuk membuat HME lebih baik lagi. Eja juga tidak sombong dengan adik-adiknya yang lebih muda seperti saya ataupun teman-teman lain.

Duo Mantan Ketua MBC (Dokumentasi Pribadi)

4. Syarif Rousyan Fikri (Fikri)
Bapak inovasi ITB yang satu ini bisa dibilang merupakan orang yang kerap kali gagal dalam berbagai pencalonan ketua acara ataupun organisasi. Pernah gagal sebagai danlap PROKM, ketua HME, dan juga ketua MPA. Namun akhirnya usaha keras Fikri berbuah hasil dengan terpilihnya beliau sebagai ketua I3M lalu menjadi PJS MWA WM. Fikri banyak dikenal sebagai seorang pujangga yang doyan menulis di tumblr dan kerap menggalau. Namun kekonkretannya tak perlu diragukan lagi. Dalam beberapa kesempatan menjelang wisuda kemarin saya kerap ngobrol dan berdiskusi dengan Fikri terutama tentang perpolitikan kampus. Selain itu Fikri juga sosok yang tidak kalah garingnya dengan saya. Oh iya, bersama Eja dan Imul, Fikri kerap melakukan “konspirasi” untuk perbaikan HME kedepannya yang menarik untuk diamati. Sosok Fikri menurut saya adalah contoh role model yang tepat untuk membuktikan bahwa yang namanya kerja keras itu tidak akan menjadi sesuatu yang sia-sia.

Fikri & Amy (Sumber : Profile FB Syarif Rousyan Fikri)

5. M. Andita Rafi (Rafi)
Salah satu pelopor budaya supporteran di HME. Berkat Rafi, HME kini dikenal sebagai himpunan yang atraktif dan ramai ketika supporteran. Beliau banyak memasukkan lagu-lagu The Jak Mania ke dalam lagu supporter HME, berhubung beliau adalah salah satu anggotanya. Dedikasinya sebagai koordinator supporter tidak perlu diragukan lagi. Dibawah pimpinan Rafi, HME berhasil meraih gelar best supporter di berbagai ajang, seperti Olimpiade dan juga Kampoeng Bola SBM. Gelar di Kampoeng Bola adalah gelar terakhir yang membuat Rafi bisa lulus dengan “tenang” dari ITB. Selain itu Rafi juga sangat concern dengan dunia olahraga HME. Sempat menjadi caretaker manajer kontingen HME sebelum Ijul, Rafi pun berkesempatan memegang tim futsal putri HME di Olimpiade dan juga GIFT (Ganesha Internal Futsal Tournament). Meskipun hasilnya kurang memuaskan, namun Rafi berhasil menanamkan fondasi dan filosofi yang baik demi kemajuan futsal putri HME. Saya mengagumi Rafi sebagai sosok yang memiliki passion tinggi di bidang olahraga dan supporter. Sempat desperate karena masih harus bersabar untuk bisa lulus disaat teman-temannya sudah lulus, Rafi akhirnya berhasil juga menyelesaikan pendidikannya. Ketua PSSI pun kini bukan hanya mimpi lagi.

Rafi bersama band (Dokumentasi Pribadi)



Inilah testimoni saya terhadap lima orang yang saya kagumi selama ini di HME. Kini mereka telah meninggalkan kampus ITB dan telah bertitel sarjana. Ada sedikit rasa kesedihan karena mereka adalah orang-orang yang menjadi panutan saya, dan kini mereka sudah tidak di kampus lagi. But the show must go on. Saya hanya bisa mendoakan semoga mereka semua sukses. Mungkin kini saatnya saya untuk bisa menggantikan mereka menjadi role model bagi adik-adik saya. Dan tentu saja saya juga harus segera lulus seperti mereka.

Leave a Reply

