Satu Jam untuk Membaca

read.gif (542×350) 
Semua orang pasti sudah tau, kalau yang namanya buku itu adalah jendela dunia. Membaca buku membuat kita menjadi lebih tahu, apapun jenis bukunya. Setelah itu apa? Dengan lebih tahu itu maka kita bisa melakukan sesuatu, berkarya, ataupun menuangkan ide dalam bentuk apapun. Ujung-ujungnya membuat negeri ini menjadi lebih maju.

Namun apa fakta yang ada di negeri kita? Saya yakin kita semua sudah tahu bahwa minat baca di Indonesia masih rendah. Oh, saya ralat sedikit : minat baca di Indonesia tinggi tapi hanya untuk bacaan berupa komik. Di luar komik minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. Tidak heran negeri ini kualitas pendidikannya masih jauh dari memuaskan. Ini karena kita tidak terdorong untuk membaca buku. Mungkin ada yang menganggap sebuah buku itu terlalu berat dari sisi bahasa ataupun jumlah halamannya yang terlalu banyak sehingga membuat malas membaca. Tapi menurut saya hal ini tidak bisa dijadikan alasan. Kini sudah semakin banyak buku-buku yang menarik dan layak untuk dibaca sehingga bisa menambah wawasan kita. Permasalahannya sekarang adalah, maukah kita untuk membaca?

Karena itulah, saya punya sedikit ide kecil. Sederhana saja : luangkanlah waktu satu jam setiap hari untuk membaca. Tentunya buku di luar komik dan buku kuliah, hehehe. Sediakan satu buah buku apapun yang menarik menurut anda, dan bawalah terus di dalam tas kemanapun anda pergi. Dan ketika anda punya waktu luang, gunakanlah untuk membaca. Tidak perlu lama-lama, 10-15 menit pun cukup. Kalkulasikan hingga mencapai satu jam setiap hari. Tidak berat bukan? Toh anda masih punya waktu 23 jam lagi untuk melakukan berbagai aktivitas.

Jangan dilihat dari proporsi waktunya, tapi mulailah untuk melakukannya. Satu jam memang waktu yang sebentar, tapi jika anda terus melakukannya selama sebulan, setahun, bahkan seumur hidup anda, berapa banyak waktu yang telah anda manfaatkan untuk menambah wawasan anda? Let’s say sekarang anda berumur 20 tahun, dan anda diberi kesempatan hidup hingga 40 tahun lagi. Satu tahun setara dengan 365 hari, dan anda memanfaatkan satu jam dalam sehari untuk membaca. Maka anda telah memanfaatkan 14.600 jam dalam hidup anda untuk membaca! Bayangkan berapa banyak wawasan dan inspirasi yang telah anda dapatkan dalam rentang waktu tersebut!

Tapi semua hal diatas hanya teori saja jika kita tidak melakukannya. Yang paling susah adalah memulainya, tapi saya percaya setelah kita memulai pasti kita akan ketagihan. Ayo mulai baca buku dari sekarang! Sisihkan waktumu, satu jam saja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s