Agar Anda Tidak Mudah Kena Hack

Selama empat tahun saya kuliah di jurusan teknik telekomunikasi ITB, ada satu pelajaran penting yang saya dapatkan : jangan pernah meninggalkan laptop anda dalam keadaan menyala!


Kenapa?


Karena sedikit saja anda lengah, bisa-bisa akun FB dan twitter anda menjadi sasaran empuk para “penjahat”!


Teman saya bernama Pedca (nama sebenarnya) telah berkali-kali menjadi sasaran empuk bagi teman-teman saya dalam hal ini. Dia sering sekali meninggalkan laptop di lab dan celakanya passwordnya diketahui oleh para “penjahat” teknik telekomunikasi 2008. Hasilnya sudah bisa ditebak. Sering sekali akun FB bernama “Pedca Gaara” dan akun twitter bernama @pedca10 mengeluarkan komentar-komentar fenomenal yang tidak terduga.


Sayangnya sang pemilik laptop seakan-akan tidak belajar dari pengalaman, dan seperti memang ingin untuk “dibajak”. Padahal seharusnya hal ini bisa dicegah agar tidak terjadi hal-hal yang memalukan dan tidak diinginkan. Nah, agar kita tidak mengalami nasib yang sama seperti teman saya ini, apa saja langkah preventif yang bisa dilakukan?


1. Gantilah password anda secara berkala
Mungkin ini cukup merepotkan anda, tapi percayalah, ketika anda berada di lingkungan yang rawan “penjahat” seperti di lingkungan teman-teman telekomunikasi 2008 hal ini akan sangat penting untuk dilakukan. Paling tidak jika malas untuk mengganti secara berkala, gantilah password anda ketika wabah “pembajakan” sudah mulai kembali ramai, siapa tahu anda sudah ditarget menjadi sasaran selanjutnya.


2. Biasakan untuk selalu logout berbagai akun socmed jika sudah tidak dipakai
Seringkali kita malas ataupun lupa setelah memakai akun FB ataupun twitter untuk melakukan logout, padahal hal ini penting untuk dilakukan. Paling tidak pada “pembajak” yang akan iseng harus bekerja sedikit lebih keras untuk mencari tahu apa password akun FB dan twitter anda jika anda telah melakukan logout.


3. Jangan save password anda di browser!
Ini yang mungkin kerap terlupakan. Biasanya buat kita yang malas untuk login dan mengingat-ingat password akan memilih untuk mencentang opsi “keep login” atau “remember my password” ketika anda login. Di satu sisi memang memudahkan kita, namun di sisi lain jika laptop anda berada dalam penguasaan para “penjahat” maka mereka bisa mengambil password anda yang tersimpan di dalam browser. Akibatnya bisa fatal, akun FB atau twitter anda bahkan bisa dipakai di laptop lain oleh para “penjahat” ini. Nama baik anda akhirnya menjadi taruhannya. Untuk itu cobalah untuk menghapus password yang sudah anda simpan di browser. Jika tidak tahu caranya silahkan googling dan pasti banyak tutorial yang menjelaskan hal ini.


4. Hibernate laptop anda jika akan pergi
Mungkin anda enggan untuk melakukan shutdown laptop anda karena butuh waktu yang lama untuk kembali menyalakan laptop anda sehingga banyak waktu terbuang. Karena itu mungkin pilihan hibernate / sleep bisa anda gunakan. Namun agar tidak bisa digunakan oleh orang lain pastikan bahwa anda melakukan proteksi dengan menggunakan password sehingga begitu laptop anda menyala kembali orang lain tidak bisa sembarangan menggunakan kecuali tahu passwordnya.


Itu saja tips dari saya. Mudah-mudahan adanya tips ini bisa membantu anda meningkatkan proteksi dari laptop anda agar tidak mudah di-hack. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s