Path, Jurnal Pribadi Tempat Kita Berbagi

Anda mulai bosan dengan Facebook yang begitu-begitu saja?
Atau sudah mulai tidak tahu mau nge-twit apa?
Sudah menjadi major karena sering check-in Foursquare dimana-mana?

Jika memang demikian, mungkin anda bisa mencoba Path, sebuah “mainan” baru yang layak untuk dicoba. Path bisa dibilang adalah alternatif dari social media yang sudah ada sekarang, walaupun dalam situs resminya Path menyatakan bahwa ini adalah sebuah jurnal pribadi yang bisa di-share kepada keluarga ataupun kawan-kawan terdekat. Tidak seperti Facebook yang memiliki berbagai macam fitur yang lengkap, Path menawarkan sesuatu yang simple dan personal. Menggunakannya pun tidak terlalu sulit. Intinya kita bisa berbagi apapun yang sedang kita lakukan kepada orang-orang yang sudah menjadi friends kita, mulai dari apa yang kita pikirkan, lagu apa yang sedang didengarkan, kita sedang ada dimana, bahkan bisa memberitahu bahwa kita sedang tidur. Sederhananya, Path adalah buku harian sederhana milik kita yang bisa dilihat oleh orang lain.


1322842632112_ORIGINAL.jpg (650×364)


Tampilan dari Path sendiri sekilas mirip seperti twitter, karena berbentuk timeline. Namun bedanya disini tidak melulu hanya tulisan sepanjang 140 karakter ataupun foto saja yang bisa di-share tetapi hal-hal lain yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Selain itu kita bisa mengatur privasi dalam melakukan sharing. Kita bisa mengatur apa-apa saja yang bisa dilihat orang lain ataupun cukup dilihat beberapa orang saja, bahkan hanya dilihat oleh kita saja. Dengan demikian privasi kita pun lebih terjaga dan orang lain bisa lebih nyaman tanpa terganggu dengan apa yang kita lakukan.

Menurut saya pribadi, Path adalah perpaduan dari Facebook, Twitter, dan Foursquare. Namun sisi kesederhanaan serta privasi menjadi keunggulan tersendiri. Menarik ditunggu memang kiprah dari Path, apakah mampu menyamai popularitas para jagoan social media yang telah ada sebelumnya. Namun buat saya, Path merupakan sebuah alternatif yang layak untuk dijajal, terutama bagi para pengguna iPhone dan Android.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s