Tentang Demo Hari Ini

Hari ini twitter ramai tentang demo buruh yang menutup jalan tol jakarta cikampek hingga menimbulkan macet total. Saya sendiri kurang mengetahui penyebab mengapa para buruh sampai melakukan aksi itu, tapi menurut berita yang ada demo ini terjadi akibat konflik terkait penentuan upah minimum para buruh.

Banyak pendapat tentang aksi ini. Banyak yang mengecam karena merugikan banyak pihak terutama dari sisi waktu, tenaga, dan biaya. Namun ada juga yang menganggap aksi mereka wajar karena mereka menuntut hak yang seharusnya mereka dapat. Saya sendiri termasuk pihak yang menyetujui pendapat pertama, bahwa demonstrasi ini cenderung merugikan banyak pihak dan tidak tepat sasaran. Oke, mereka memang menuntut hak mereka, tapi apakah mereka tidak sadar bahwa dengan melakukan hal ini mereka juga merenggut hak orang lain? Ini hanya akan membuat masyarakat jadi antipati dan semakin tidak peduli dengan apa yang sebenarnya mereka suarakan. Di sisi lain, sebenarnya mahasiswa bisa berperan disini, dengan posisi sebagai masyarakat terpelajar yang memiliki fungsi kontrol ke pemerintah harusnya kita (mahasiswa) yang menyuarakan aspirasi mereka, tentu dengan cara “kita”.

Ini hanya opini belaka, dan mungkin tidak ada dasar yang cukup kuat. Namun saya yakin banyak yang setuju dengan saya. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah suatu keharusan, termasuk keadilan bagi para buruh, namun sekali lagi hal ini tidak perlu dilakukan dengan cara-cara yang merugikan banyak pihak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s