Miris



Akhir-akhir ini di dunia maya (Facebook dan Twitter) sedang ramai dengan sebuah video berdurasi 42 menit yang mengupas tentang fakta-fakta industri rokok di dunia. Sebenarnya hal ini bisa dibilang sudah biasa, namun yang membuat video ini jadi agak menghebohkan adalah dijadikannya Indonesia sebagai objek utama dari video ini. Ya, Indonesia, negara yang kita cintai ini.

Sungguh miris melihat bagaimana industri rokok dunia menjadikan Indonesia dan negara-negara miskin lainnya sebagai pasar yang sangat potensial menggantikan Amerika Serikat yang sudah mulai menjaga diri dengan berbagai peraturan yang melarang rokok. Dan sungguh sedih diri saya karena tidak adanya regulasi yang melindungi masyarakat dari serangan industri rokok yang sangat ganas ini. Terlepas dari segala fakta bahwa industri rokok memberikan pemasukan yang sangat besar bagi negara kita, tetap saja nyawa dan masa depan generasi muda Indonesia menjadi taruhannya. 

Sungguh, hal ini tak bisa dibiarkan terus menerus. Mudah-mudahan dengan adanya video ini kita makin sadar dan juga terus berusaha untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya merokok, dan semoga bangsa ini tidak lagi menjadi bangsa perokok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s