Tentang Semester Genap 2011/2012

Jadi ceritanya besok itu adalah hari pertama kuliah semester genap 2011/2012. Dan biasanya yang namanya hari pertama itu agak membuat malas. Kenapa? Karena kita harus kembali menyesuaikan diri dengan rutinitas akademik setelah biasanya bersantai-santai ria menikmati liburan. Tapi memang tidak semuanya merasa malas sih. Ada juga yang bersemangat karena berkeyakinan bahwa semester baru adalah semangat baru dan saatnya bertemu kembali dengan teman-teman. Ya, terkadang yang membuat kita merindukan kuliah adalah bertemu dan bermain bersama teman-teman, bukan aktivitas perkuliahannya seperti tugas ataupun kelasnya. Tapi hal ini tak jadi masalah, selama masih ada motivasi yang membuat kita jadi bersemangat untuk datang kuliah.

Semester ini bisa jadi merupakan semester terakhir saya. Dan normalnya di semester akhir ini SKS yang diambil sudah sedikit, mungkin dibawah sepuluh. Tujuannya supaya bisa fokus mengerjakan Tugas Akhir. Namun saya sedikit berbeda. Saya justru mengambil SKS yang agak banyak yaitu 19 SKS, walaupun setelah dilihat-lihat kuliah saya tetap banyak kosongnya karena ada kuliah yang tidak ada jadwalnya. Lantas mengapa saya memilih mengambil SKS yang banyak? Tujuannya agar saya tidak menjadi malas dan terlalu santai dalam menjalani kuliah di semester akhir ini. Pengalaman pribadi menunjukkan bahwa saya akan lebih banyak berleha-leha bila terlalu banyak waktu kosong, karena itu saya harus menyibukkan diri semaksimal mungkin. Tapi kesibukan ini bukan berarti akan menghalangi saya dalam mengerjakan tugas akhir, namun kesibukan ini akan menjadi kesibukan yang bertanggung jawab. Menyelesaikan tugas akhir jelas menjadi tujuan utama, karena tentunya orang tua saya juga menginginkan saya segera lulus, namun alangkah baiknya selagi masih menyandang status mahasiswa kita juga memanfaatkan status itu untuk melakukan self-improvementย agar kita menjadi sarjana yang utuh saat lulus nanti.

Baiklah, tulisannya sudah ngawur dan ngelantur kemana-mana. Intinya mah saya cuma ingin bilang : Selamat menjalani semester baru buat temen-temen mahasiswa ITB!ย Semoga kita tetap semangat dan bisa meraih hasil yang semakin baik di semester ini!

Leave a Reply

