Dari Barat ke Timur, Menikmati Kekayaan Alam Indonesia

Liburan kali ini berbeda dengan liburan-liburan saya yang sebelumnya. Biasanya saya adalah orang yang cenderung malas-malasan selama liburan dan memilih di rumah saja, menikmati nyamannya kasur di rumah sambil menonton TV series ataupun bermain Football Manager. Ataupun mungkin saya menghabiskan waktu liburan di Bandung karena harus melakukan berbagai aktivitas himpunan atau kegiatan kampus. Berhubung saya sudah lengser dan sudah memasuki semester terakhir (Insya Allah), maka saya harus memaksimalkan liburan kali ini. Harapannya setelah puas liburan saya bisa menatap semester terakhir ini dengan penuh optimisme dan semangat tinggi sehingga bisa mencapai apa yang dicita-citakan yaitu lulus dari Kampus Ganesha.

Jadilah empat pekan liburan ini saya manfaatkan untuk bertualang dari Barat ke Timur. Tujuan pertama adalah Belitong, sebuah pulau yang mapan karena Laskar Pelangi. Saya penasaran, seperti apa sihย sebenarnya Belitong itu? Dan selama saya disana, saya harus mengakui bahwa keindahan alam di pulau ini sungguh luar biasa, terutama susunan bebatuannya yang tidak bisa ditandingi oleh pantai-pantai lain di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Pasirnya yang bersih, pulau-pulaunya yang sungguh indah, it’s really amazing. Sebuah potensi besar ternyata memang tersimpan di daerah yang mungkin selama ini terlupakan.

Itulah cerita singkat tentang Belitong. Dan setelah sejenak bermain-main di Ibukota, saya pun kembali berpetualang. Kali ini bergerak ke arah timur, ke Pulau Lombok. Dan karena saya ingin sesuatu yang berbeda, maka gaya backpackersย pun menjadi pilihan saya. Bersama delapan orang BackpackersTelkom yang lain, kami pun bertualang dengan kereta ekonomi, kapal ferry, serta bis selama tujuh hari demi mencapai Lombok. Sungguh suatu pengalaman yang berbeda buat saya yang biasanya menggunakan fasilitas yang praktis untuk bisa menikmati liburan. Satu hal yang menarik buat saya selama backpacking ini adalah saya bisa melihat berbagai realita kehidupan masyarakat Indonesia, baik yang positif maupun yang negatif.


Lombok sendiri memang tak kalah indahnya dengan Belitong. Mungkin yang membuat Lombok lebih unggul adalah ombaknya yang besar dan sangat seru untuk berenang dan surfing. Keunggulan lain adalah segala fasilitas dan sumber daya untuk menunjang para wisatawan yang hadir sudah tersedia dan dikelola dengan baik di Lombok, berbeda dengan Belitong yang masih butuh bimbingan dan perbaikan. Tapi yang jelas, ini adalah bukti bahwa memang negeri ini punya potensi yang besar untuk menjadi negara yang maju dan dikenal di seluruh dunia. Pilihan tinggal ada di kita, apakah kita memang mau membuat negara ini lebih baik atau tidak. Tak perlu kita jauh-jauh keliling dunia, karena semuanya ada di Indonesia. Karena itu, yuk mari kita kembali mencintai Indonesia, dan cintailah kekayaan alamnya!


Leave a Reply

