Selamat Datang di Negeri Laskar Pelangi

Judul diatas adalah kata-kata yang menyambut saya saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah belitong. Ya, daerah ini telah menjadi mapan berkat kesuksesan tetralogi Laskar Pelangi. Dan saya hadir disini untuk menjawab rasa penasaran saya tentang tanah belitong, apakah seperti yang diceritakan di novel tersebut atau tidak.

Kesan pertama saya begitu tiba sungguh membuat saya terheran-heran karena sungguh sangat berbeda dari Jakarta. Jalanannya sepi dan rumah-rumahnya jarang. Malah masih banyak tumbuhan-tumbuhan yang ada di kiri kanan jalan. Saat masuk di kota pun tidak terlalu berbeda, hanya sedikit lebih ramai saja. Muncul pikiran bahwa daerah ini memang masih belum semaju daerah-daerah di pulau Jawa atau Sumatera. Hal ini mungkin merupakan sebuah bukti bahwa pemerataan pembangunan memang belum merata di Indonesia. Namun dibalik itu semua ternyata tanah belitong menyimpan potensi keindahan alam yang sungguh luar biasa. Saya menyaksikan dengan mata kepala saya sendiri bahwa Belitong memiliki pantai dan bebatuan yang indah. Sayangnya potensi ini belum dibarengi oleh kesadaran warganya dalam menjaga kekayaan alam ini. Mudah-mudahan semakin lama semakin ada perbaikan sehingga potensi yang sudah ada bisa dimaksimalkan dan membuat taraf hidup masyarakat belitong meningkat.

Sekian dulu cerita singkat saya dari jalan-jalan di hari pertama belitong trip 2012. Nantikan cerita berikutnya esok hari.

Leave a Reply

