WorkDroid, a Simple Timer to Help You Work Effectively

Anda suka menunda-nunda pekerjaan hingga menumpuk?

Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain daripada melakukan pekerjaan yang harusnya dilakukan?

Berarti anda termasuk orang-orang procrastinator, atau bahasa lainnya adalah deadliners. Sebenarnya tidak terlalu bermasalah juga ketika anda mengerjakan sesuatu di akhir-akhir, karena biasanya anda akan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik anda saat anda telah kepepet. Namun untuk jangka panjang, hal ini sungguh tidak baik karena semakin sering anda menunda dan menumpuk pekerjaan maka tumpukan ini akan semakin tinggi dan terus meninggi. Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Anda pun akan bingung harus memulai dari mana. Karena itu hal ini harus dihindari.

Ketika anda ingin memperbaiki hal ini mungkin anda akan mengalami kebingungan : gimana caranya? Saya coba perkenalkan anda dengan sebuah metode time management yang sederhana namun menarik untuk dicoba, yaitu The Pomodoro Technique. Teknik ini sudah cukup terkenal di luar negeri dan banyak dipakai untuk mengatasi masalah procrastinator ini. Cara melakukannya sederhana saja :

1. Pilih pekerjaan mana yang anda ingin lakukan
2. Atur Pomodoro (timer) selama 25 menit
3. Lakukan pekerjaan hingga waktu habis
4. Istirahat selama 5 menit dan jangan lakukan pekerjaan anda selama waktu ini
5. Setiap 4 Pomodoro, istirahatlah dengan waktu yang lebih lama (misal 30 menit)

visit http://www.pomodorotechnique.com for more info

Jadi, alat yang sangat dibutuhkan untuk melakukan metode ini adalah sebuah timer. Tentu saja anda bisa menggunakan stopwatch ataupun jam biasa, namun mungkin keakuratannya kurang ataupun anda harus melakukan pengaturan berulang-ulang sehingga menjadi tidak efektif. Karena itu saya membuat sebuah aplikasi sederhana yang bekerja berdasarkan konsep ini. Apakah aplikasi ini?

Nama aplikasinya adalah WorkDroid. Konsepnya mirip dengan Pomodoro namun sedikit perbedaannya adalah pengaturan waktu yang bisa fleksibel, tidak harus 25 menit waktu kerja dan 5 menit waktu istirahat. Waktu kerja dan istirahat bisa diatur sesuka hati sehingga bisa digunakan tidak hanya untuk menunjang metode ini tetapi bisa untuk kegiatan-kegiatan lain. Oiya, satuan waktu yang digunakan masih dalam detik, namun bisa diubah menjadi menit ataupun jam.

ini adalah aplikasi pertama yang benar-benar saya buat dengan ide dan pikiran saya sendiri, karena itu walaupun hasilnya masih banyak kekurangan dimana-mana namun saya sudah cukup puas dan bangga atas pencapaian saya. Sebuah terobosan besar bagi saya yang sebenarnya tidak terlalu suka ngoding, hehehe😀

Aplikasi ini dibuat dengan AppInventor, sebuah situs pembuat aplikasi android tanpa ngoding, hanya cukup memahami logika-logika saja dan anda akan bisa membuat aplikasi yang sederhana. Silahkan mampir ke http://www.appinventorbeta.com untuk mengetahui lebih lanjut.

Buat yang ingin iseng-iseng mencoba aplikasi ini, monggo diunduh disini. Semoga menarik dan bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s