Gawat! SBY Nonton Nanti Malam!

Ada semacam jokes yang sudah akrab di telinga para pecinta sepakbola nasional bahwa jika pertandingan timnas Indonesia ditonton presiden SBY, maka Indonesia akan kalah. Sebenarnya hal ini tidak layak untuk dipercaya, namun entah kenapa hasil yang terjadi seperti menguatkan jokes ini.


Pertandingan pertama yang saya ketahui disaksikan langsung oleh SBY adalah saat Piala Asia 2007, dimana ketika itu timnas kita menghadapi Arab Saudi. Tampil gemilang pada partai pertama ketika menang 2-1 lawan Bahrain, Bambang Pamungkas dkk justru kalah akibat kehilangan konsentrasi di menit terakhir sehingga kalah 1-2. Dari sini “kutukan SBY” pun dimulai.


Tercatat sejumlah laga kembali disaksikan oleh SBY dan hasilnya pun tidak bisa dibilang baik. Indonesia kembali kalah 1-7 dari Uruguay dalam laga persahabatan. Untuk laga ini memang ada pengecualian sih, karena memang kelasnya Luis Suarez dkk sangat jauh diatas Indonesia. Untungnya kutukan ini sempat terhenti ketika semifinal Piala AFF 2010 Indonesia berhasil menang 1-0 atas Filipina dan memastikan satu tiket ke babak final. Sayangnya mitos ini kembali muncul saat Indonesia gagal menjadi juara turnamen ini meski menang 2-1 di GBK. Lagi-lagi partai ini disaksikan SBY.


Euforia atas penampilan bagus timnas saat piala AFF membuat SBY kembali menyempatkan diri untuk hadir mendukung timnas dalam Pra Piala Dunia 2014 menghadapi Bahrain. Namun sayang kutukan ini memang masih cukup kuat sehingga saat itu Indonesia kembali kalah 0-2. Bahkan sempat terjadi pelemparan botol kepada para pemain Bahrain dan juga petasan yang ditembakkan ke arah lapangan. Kecewa atas ulah penonton, SBY pun memilih “kabur” dan meninggalkan pertandingan lebih awal.


Itulah terakhir kali SBY menyaksikan laga timnas Indonesia. Malam ini pasukan “Garuda Muda” akan berlaga di laga penting melawan Malaysia dalam final sepakbola SEA GAMES 2011. Kerinduan atas prestasi sepakbola timnas kita membuat publik waswas apakah SBY akan hadir dan menyaksikan laga ini. Bahkan mungkin banyak orang yang berharap agar SBY tidak perlu menonton langsung laga ini. Kekhawatiran ini sempat terungkap saat saya mengamati linimasa twitter saya kemarin. Untungnya “harapan” sejumlah masyarakat Indonesia agar SBY tidak menonton laga ini secara langsung telah terkabul, karena SBY menyatakan tidak menonton langsung di GBK.


Sebenarnya hal ini tidak baik untuk kita, menghubung-hubungkan mitos dengan kemandulan prestasi tim nasional. Namun apa daya, negara ini memang terlalu mudah percaya takhayul dan segala hal yang berbau mistis. Tapi di sisi lain masyarakat negeri ini sudah haus akan prestasi. Negeri ini menantikan sebuah pencapaian besar di tengah berbagai masalah yang ada. Sehingga mungkin wajar ketika ada jokes seperti ini. Sekarang saatnya kita berdoa dan memberi dukungan semaksimal mungkin agar Egi Melgiansyah dkk bisa memberikan performa terbaik dan menggondol medali emas yang telah lepas sejak lama. Ayo Indonesia! Kita Bisa!


Referensi : 
http://olahraga.kompasiana.com/bola/2011/11/21/sby-ke-gbk-enggak-ya/
http://www.andriyarusman.com/wp-content/uploads/2011/11/20-pemain-bola-timnas-u-23-sea-games-indonesia.jpg

Timnas U-23, siap memberi yang terbaik untuk Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s