Inspirasi dari Seorang Kakak

Setelah melalui hari sabtu yang cukup melelahkan dan menyenangkan (terutama karena kemenangan Garuda Muda), pagi ini saya sempatkan untuk sedikit memanjakan diri saya dengan browsing. Seperti biasa, saya membuka Facebook, twitter, dan gmail saya. Dari keisengan stalking di facebook, saya akhirnya membuka akun seseorang yang sekarang sedang mengabdi kepada bangsa Indonesia di pelosok negeri ini dengan menjadi pengajar muda, yaitu Ikhsan Abdusyakur. Beliau adalah kakak kelas saya sejak di SMA dulu hingga saat di kampus ITB ini. Singkat cerita, saya akhirnya membuka situs pribadi beliau yang merupakan tempat beliau berbagi cerita selama beliau menjadi pengajar muda, yaituย disini.ย Dan saya sungguh menjadi terinspirasi dan terharu sekaligus bertanya-tanya.ย 


Saya terinspirasi dan terharu oleh mimpi besar beliau, oleh langkah nyata yang dilakukan beliau, dan juga oleh kemauan keras yang beliau miliki untuk memperbaiki bangsa ini. Saya pun jadi bertanya-tanya, apa yang sudah saya lakukan selama ini? Sudahkah saya menjadi orang yang menginspirasi? Ataukah hal itu hanya isapan jempol belaka? Apakah saya adalah orang yang supel dan diterima banyak orang? Sudahkah saya memiliki visi dan mimpi besar untuk memperbaiki negeri ini? Mungkin saya punya, tapi saya tidak tahu cara mewujudkannya. Inilah yang membuat saya sedikit sedih, jangan-jangan saya selama ini hanya omong kosong saja tanpa tindakan nyata.


Mudah-mudahan semua bisa saya perbaiki di tahun terakhir saya di kampus ini. Saya ingin menjadi seperti Syakur, yang diterima banyak orang, supel, dan inspiratif. Saya rasa orang lain yang mengenal beliau pun pasti ingin menjadi seperti dia. Karena negeri ini butuh banyak orang dengan idealisme dan mimpi seperti Syakur.

Leave a Reply

