Tingkat Radiasi Ponsel

Sebagai seorang mahasiswa teknik telekomunikasi, saya kerap kali ditanya tentang tingkat radiasi ponsel. Sayangnya sampai saat ini wawasan saya belum cukup tinggi untuk bisa menjawab pertanyaan itu, padahal sebenarnya hal ini cukup dekat dengan apa yang saya pelajari. Tak ingin terus malu dan kebingungan, saya pun mencoba mencari tahu tentang hal ini. Lagipula menurut saya hal ini cukup penting buat kita yang mungkin sekarang sudah tidak bisa lepas dari yang namanya telepon seluler dan juga berbagai fasilitas didalamnya yang sungguh bisa memanjakan diri kita. Kita harus menyadari bahwa dibalik segala kenikmatan itu ternyata ada resiko kesehatan yang kita hadapi dan bukan tidak mungkin bisa memberikan dampak yang buruk buat diri kita.


Singkat cerita, setelah saya mencari-cari referensi yang sesuai, akhirnya saya menemukan tingkatan radiasi dari berbagai telepon seluler, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Referensi ini saya dapatkan dari situs Environmental Working Group (EWG) yang memang melakukan riset pada sejumlah ponsel yang sedang banyak diminati di pasaran. Pengukurannya sendiri memakai satuan Spesific Absorbed Radiation (SAR). Para peneliti memang sudah melakukan penelitian yang berkesimpulan bahwa radiasi terbesar terjadi saat kita melakukan panggilan telepon, karena itu cara untuk mengurangi radiasi ini bisa dengan memakai handsfree ataupun memakai layanan SMS.


So, apa saja ponsel yang memiliki tingkat radiasi yang tinggi? Silahkan masuk ke link ini untuk bisa mengamati lebih lanjut. Sebenarnya riset ini dilakukan untuk ponsel-ponsel di Amerika Serikat, dan untuk di Asia ataupun Indonesia sendiri saya belum bisa menemukan data yang sesuai, namun setidaknya data ini bisa menjadi referensi awal bagi anda yang ingin membeli ponsel baru. Dan satu hal lagi yang utama, sebenarnya ini semua tergantung pada tiga hal, yaitu bagaimana anda memakai ponsel ini, bagaimana kondisi jaringan, dan bagaimana operator seluler anda. Jadi pintar-pintarlah dalam memakai ponsel anda!


Referensi :
http://rigoristo.blogspot.com/2011/06/radiasi-handphone_08.html
http://www.ewg.org/cellphoneradiation/Get-a-Safer-Phone?allavailable=1Read%20more%20at:%20http://gocengblog.blogspot.com/2011/06/daftar-ponsel-dengan-tingkat-radiasi.htmlCopyright%20by%20gocengblog.blogspot.com%20Terima%20kasih%20sudah%20menyebarluaskan%20aritkel%20ini

Leave a Reply

