September Telah Berakhir

Halo, apa kabar?
Akhirnya saya menyentuh blog saya lagi, setelah cukup lama saya campakkan. Maaf ya wahai blog, saya tak bermaksud demikian. Namun sayangnya banyak hal lain yang lebih menggoda dari dirimu.


Beberapa pekan belakangan ini bisa dibilang saya cukup sumpek dan menghadapi banyak tugas, pekerjaan, ataupun tantangan yang harus saya lakukan. Beberapa yang menjadi concern utama adalah tugas akademik seperti belajar untuk kuis antena dan melakukan tugas sebagai asisten lab telematika, disamping berbagai tugas kuliah lain yang sebenarnya menarik seperti membuat aplikasi android dengan AppInventor. Ada juga urusan himpunan seperti misalnya mengurusi database adik-adik angkatan 2010 dan oprec untuk para magangers. Yang paling berat adalah membuat proposal PKM yang deadline pengumpulan ke ITB-nya sebenarnya sudah lewat namun masih mendapat dispensasi. Seminggu kedepan adalah saat-saat terakhir untuk pengumpulan dan harus benar-benar dimaksimalkan. Sebenarnya ada juga sesuatu yang tidak kalah besar yang harus saya kerjakan, yaitu TUGAS AKHIR. Sayangnya hal-hal lain yang saya sebutkan sebelumnya termasuk dalam kriteria penting dan mendesak, sedangkan TA bisa dibilang belum terlalu mendesak untuk saat ini. Hal ini membuat saya kerap ditegur dosen pembimbing karena belum menyentuh bahan belajar untuk TA sama sekali. Maafkan saya bapak dosen, segera setelah beban pikiran saya mulai berkurang saya akan segera ngebut untuk belajar demi TA yang cemerlang.


Semua hal yang saya tuliskan diatas cukup membuat saya lelah secara mental, dan ini mengganggu mood saya dalam menulis. Ya, menulis memang tidak bisa dilakukan dalam sembarang waktu. Ide tidak bisa muncul sesuka hati, dan biasanya ide tersebut muncul dalam kondisi dan situasi yang tenang dan fresh. Moodย yang bagus pun akan menunjang dalam menghasilkan tulisan yang berkualitas. Karena cukup penat dan tidak mendapat mood yang bagus, maka saya berhenti menulis untuk sementara. Ini bukan yang pertama kali ketika saya memutuskan untuk rehat sejenak untuk menulis di depan laptop saya. Padahal untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bagus, saya harus melakukannya sekitar sepuluh ribu kali secara rutin untuk bisa dibilang ahli. Karena itulah rutinitas ini harus dimulai lagi, walaupun hanya membuat tulisan yang simpel dan sederhana.


Gayung pun bersambut. Jumat siang saya mendapat pesan singkat dari tim @masukitb yang meminta bertemu dengan saya. Namun sebelumnya saya diminta membuat tulisan tentang ITB. Sesuatu yang menarik buat saya. Mungkin saya bukan (atau belum) menjadi penulis yang baik, tapi ini bisa menjadi langkah awal saya menuju seorang penulis yang berkualitas. Mudah-mudahan tulisan saya bisa selesai sebelum deadlineย yang ditentukan.


Come on, wake up! Mengutip judul lagu dari Green Day, sekarang saatnya saya (dan mungkin kita semua) untuk bangun dan kembali menjadi manusia yang produktif, inspiratif dan melakukan suatu perubahan, karena bulan September telah berakhir. Bangun bangun bangun!

One thought on “September Telah Berakhir

Leave a Reply

