Stand Up Comedy ala Indonesia

Malam minggu kemarin saya habiskan dengan cara yang agak sedikit berbeda dengan pacar saya. Jika biasanya hanya mencari tempat makan untuk makan malam berdua maka kali ini sang pacar meminta saya untuk melihat Stand Up Comedy Indonesia yang sedang melakukan show di Bandung Food Festival, Jalan Sumatera. Saya pernah melihat acara sejenis yang merupakan versi US, dan harus diakui mereka memiliki sense of humour yang berbeda dengan kita, orang Indonesia. Itulah mungkin sebabnya mengapa ada sejumlah orang yang menganggap serial FRIENDS atau How I Met Your Mother tidak lucu sama sekali. Karena itu saya ingin melihat seperti apa sebenarnya Stand Up Comedy ala orang Indonesia, yang katanya senang sekali dengan humor. Apakah sebenarnya lucu atau tidak?

Rasa penasaran saya segera terjawab begitu saya tiba disana. Penonton yang ingin menyaksikan sungguh ramai dan membuat saya sungguh sulit mencari area parkir. Duduk pun sulit karena tempatnya penuh. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena memang para peserta (saya tidak tahu apa sebutannya, comics atau comedian?) sungguh menghibur dan membuat semua yang ada disana tertawa terpingkal-pingkal. Terlepas dari ada sejumlah jokes yang agak kurang sopan untuk disampaikan, namun overall saya puas dan terhibur dengan aksi-aksi mereka yang ada disana. Sayang, saya tak sempat melihat aksi Pandji yang menjadi tamu spesial karena perut saya yang sudah menyanyi terlalu nyaring sehingga saya bersama pacar segera mencari tempat makan lain.

Stand Up Comedy Indonesia menurut saya bisa menjadi salah satu alternatif tontonan bagi masyarakat Indonesia yang sekarang ini sudah miskin hiburan berkualitas. Betapa tidak, setiap hari kita hampir selalu disuguhi sinetron dan FTV yang seolah-olah tiada akhir dan tak berujung. Nilai moralnya pun layak untuk dipertanyakan. Mereka yang membuat seolah-olah tak punya tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan hanya bernafsu untuk meraih keuntungan dan rating yang bagus. Namun dengan adanya Stand Up Comedy Indonesia harapan akan sesuatu yang lebih mendidik bisa kembali meninggi. Humor-humor yang disajikan sungguh menghibur dan bersumber dari realita yang ada di bangsa ini. Dengan begitu kita bisa mendapatkan banyak poin penting dari menyaksikan acara ini : terhibur, tersentil dan tercerdaskan. Para pengisinya pun tidak bisa sembarangan orang karena harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan bisa membawa suasana, karena alih-alih dibilang lucu kita justru bisa dibilang garing oleh para penonton dan bisa membuat kita malu sendiri.


Buat yang penasaran seperti apa Stand Up Comedy Indonesia bisa melihat video dari dua orang gila yang kocak, yaitu Pandji Pragiwaksono dan Raditya Dika. Oiya, ini hanya potongannya saja, jadi kalau penasaran silahkan search di YouTube. Enjoy!

Leave a Reply

