Twitter Grader, Mengukur Keaktifan Anda Nge-Tweet

Apakah anda aktivis twitter? Sering berkicau tiap hari? Ingin melihat rating akun twitter anda dibandingkan dengan 10 Juta pengguna twitter lain di seluruh dunia?


Kalau anda sedang iseng-iseng, anda bisa membuka situs http://tweet.grader.com/ dan melihat anda ada di peringkat berapa. Situs ini akan mengukur tingkat keaktifan anda pada salah satu social networking yang paling booming saat ini. Penggunaannya pun sederhana, cukup masukkan username anda dan hasil perhitungan akan segera terlihat.


Situs ini mengkalkulasikan peringkat seorang pengguna twitter dengan melihat 6 faktor, yaitu :


1. Number of Followers
Semakin banyak follower anda, maka grade anda akan semakin tinggi.


2. Power of Followers
Jika seorang Tifatul Sembiring ataupun Barrack Obama yang memiliki grade tinggi mem-follow anda, maka otomatis grade anda akan menjadi lebih tinggi.


3. Updates
Semakin rajin anda nge-tweet, anda berpeluang meraih peringkat yang lebih tinggi. Tapi tentunya tweet yang anda buat tidak bisa asal ataupun sembarangan. Buatlah yang lebih berisi dan bermutu.


4. Update Recency
Maksudnya adalah selisih waktu antar tweet yang anda buat. Semakin kecil maka semakin bagus.


5. Follower/Following Ratio
Semakin tinggi rasionya maka grade anda akan semakin bagus.


6. Engagement
Semakin sering anda di-retweet orang lain, terutama yang memiliki grade tinggi, maka anda akan memiliki grade yang semakin tinggi pula. Inilah mengapa saya menyarankan anda membuat tweet yang bagus dan bermutu. Karena peluang anda di-retweet akan lebih besar.


Keenam faktor diatas akan menghasilkan suatu kalkulasi berupa grade. Grade ini digunakan untuk membandingkan dengan user-user lainnya. Sebagai contoh, jika anda memiliki grade 90, maka 90 % dari dari user lain memiliki skor yang lebih rendah. Dari hasil ini maka akan diurutukan menjadi rangking.


Situs ini juga menampilkan 100 top users yang diurutkan berdasarkan kriteria-kriteria tadi. Peringkat 1 ditempati oleh @nytimes, disusul oleh @ajarabic dan @portalr7. Dari Indonesia sendiri saya menemukan 5 akun twitter yang ada di jajaran 100 besar, yaitu @lintasme, @kompasdotcom, @tmcpoldametro, @vivanews, dan @infobdg. Ternyata bukan akun pribadi semua ya, hehehe.


Saya sendiri akhirnya iseng-iseng mencoba situs ini. Hasilnya saya memiliki grade 93 dari 100 dan berada di peringkat 682.449 dari 10.044.006 pengguna twitter. Saya tidak tahu jumlah pengguna ini valid atau tidak, tapi jika jumlahnya memang valid maka bisa dibilang peringkat saya ini lumayan. Ini buktinya jika tidak percaya.


Bukti saya tidak Hoax

Situs ini cukup menarik buat coba-coba dan iseng saja. Bukan berarti anda harus bangga juga dengan hasilnya. Jangan-jangan waktu anda (termasuk saya) selama ini banyak terbuang sia-sia gara-gara terlalu sering nge-tweet lagi. Hehehe. Anyway, selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s