Berburu Buku (Jilid 2) : Ketika Buku Berpesta

Tanggal 2-10 Juli 2011 bisa jadi merupakan tanggal yang paling dinanti oleh para penikmat buku di Jakarta dan sekitarnya, bahkan mungkin di seluruh Indonesia. Kenapa? Karena pada tanggal tersebut sedang berlangsung Pesta Buku Jakarta 2011 di Istora Senayan. Buat mereka yang senang membaca dan mencari buku bagus, pasti ini adalah sebuah “pesta” besar yang sangat dinanti. Salah satu alasannya adalah karena harga buku yang dijual pastinya lebih murah dibanding biasanya. Saya juga termasuk yang tidak sabar untuk datang ke acara ini, karena sudah ada beberapa buku yang menjadi incaran saya namun tidak saya dapatkan pada minggu lalu ketika saya ke Gramedia. Mudah-mudahan saya bisa mendapatkan apa yang saya cari kali ini.


Tanpa banyak membuang waktu, saya langsung meluncur pada hari pertama, 2 Juli 2011. Dengan hanya bermodalkan tas untuk membawa hasil buruan dan list buku yang akan saya beli di otak (dan sejumlah uang tentunya) saya bawa mobil Hyundai Accent andalan saya menyusuri Ibukota ke Istora Senayan. Sekitar satu jam waktu yang saya butuhkan dari Pondok Kelapa hingga bisa sampai ke tempat tujuan. Sesampainya di sana, saya kembali harus menerima kenyataan bahwa saya seperti diperas oleh sejumlah pungutan liar dari orang-orang yang mengaku sebagai “tukang parkir”. Saya harus membayar 5000 rupiah untuk parkir di Istora. Cukup mahal untuk ukuran parkir di Jakarta. Saya kesal, tapi yasudahlah. Mungkin cuma itu cara mereka untuk bisa hidup.


Karena masih hari pertama, saya lihat pameran ini belum terlalu ramai, dan beberapa stand masih ada yang memasukkan stock barang yang akan dipamerkan. Begitu masuk, saya langsung melihat stand Kompas Gramedia, dimana saya yakin akan menemukan buku pertama yang saya cari : TTS Pilihan Kompas. Dan saya mendapatkannya dengan potongan harga 20 persen.


TTS Pilihan Kompas

Buku ini sudah menarik perhatian saya sejak lama, tapi baru memungkinkan untuk dibeli sekarang. Faktor finansial menjadi alasannya. Hehehe. Selain itu saya terkadang cepat bosan di kantor jadi saya butuh sesuatu yang menantang yang membuat saya tidak bosan. Tadinya saya mencari sudoku, tapi yang saya temukan pertama adalah TTS ini, jadi ya tidak apa-apa lah.


Perburuan pun berlanjut. Sekalipun sudah tahu apa yang harus saya beli saya memilih untuk berkeliling ke semua stand yang ada, karena siapa tahu ada yang nyangkut di mata saya dan saya tertarik untuk membeli. Ini sebenarnya yang menjadi masalah saya jika berbelanja buku. Semuanya terasa menarik dan menggoda untuk dibeli serta dibaca. Jadi alangkah baiknya sebelum membeli sesuatu (tidak hanya buku) kita memiliki list yang berisi apa-apa saja yang harus kita beli, agar apa yang kita beli sesuai kebutuhan kita.


Anyway, ada beberapa buku yang cukup menarik perhatian saya dan membuat saya berhenti untuk melihat sejenak, namun akhirnya saya mengurungkan niat untuk membelinya. List saya harus terpenuhi dahulu, baru bisa membeli yang lain. Akhirnya setelah berkeliling saya masuk ke ruang utama dari Istora Senayan dan menuju ke stand Mizan. Ternyata dua buku yang saya cari sudah menanti dengan tidak sabar untuk saya beli : Sebelas Patriot (Andrea Hirata) dan Nasional.Is.Me (Pandji).


Sebelas Patriot



Nasional.Is.Me



Sebelas Patriot saya pilih karena bercerita tentang sepakbola di Indonesia. Dan sebagai pecinta sepakbola rasanya saya harus membaca buku ini. Ternyata bukunya tipis, tidak setebal Laskar Pelangi ataupun buku-buku Andrea Hirata sebelumnya, tapi saya yakin ada sensasi tersendiri dari buku ini. Dan ternyata buku ini juga berisi CD lagu! Bonus yang lumayan buat saya. Hehehe.


Nasional.Is.Me sendiri sedang saya baca bukunya saat tulisan ini dibuat. Jadi tunggu postingan selanjutnya sajaπŸ™‚ Anyway, kebetulan di hari pertama Pesta Buku Jakarta ini ada bedah buku Nasional.Is.Me dan peluncuran bukunya. Saya menyempatkan diri untuk pulang agak sore untuk bisa melihat sosok Pandji secara langsung dan berbagi cerita tentang buku ini. Dan beruntungnya saya karena saya mendapat kesempatan untuk mendapatkan tanda tangannya Pandji!


Bedah Buku Nasional.Is.Me bersama Pandji dan JFlow
Tanda Tangan Aseli dari Pandji!

Well, lengkap sudah perburuan saya di Pesta Buku Jakarta 2011. Dan dari sini saya sudah menambahkan list beberapa buku yang harus saya beli lagi. Tapi untuk sekarang, saatnya menambah wawasan dengan membaca buku-buku ini!

2 thoughts on “Berburu Buku (Jilid 2) : Ketika Buku Berpesta

Leave a Reply

