Ganesha Berduka

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun…

Sesungguhnya kita adalah milik Allah, dan hanya kepada-Nya lah kita kembali…

Umur manusia memang tidak ada yang tahu. Ada yang mungkin diberi kesempatan hidup sejak masa perjuangan merebut kemerdekaan hingga sekarang, dan mungkin ada pula yang hanya diberi kesempatan seumur jagung untuk merasakan kerasnya dunia. Ya, itu adalah hak prerogatif Allah untuk memanggil kembali kita ke tempat kita seharusnya berada.


Kemarin malam, sekitar pukul sepuluh, bumi Ganesha kembali berduka. Ariyanni, seorang mahasiswi jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) angkatan 2008 dipanggil sang Khalik setelah mengalami kecelakaan pada Jumat minggu lalu. Suasana berkabung langsung terasa tadi malam walaupun hanya di dunia maya karena saya tidak bisa datang langsung ke Bandung. Dan gerhana bulan pun menemani suasana duka ini. Sungguh tidak tahu harus takjub ataupun tertunduk.


Saya sendiri sebenarnya tidak pernah berkenalan dengan Ariyanni. Mungkin beliau juga tidak tahu saya. Apalah saya ini, hanya kaleng-kaleng saja di Kampus Ganesha. Namun entah mengapa, saya bisa merasakan kesedihan yang mendalam karena kejadian ini. Faktor satu angkatan dan satu almamater ITB?Mungkin saja. Mungkin juga karena tiba-tiba saya berpikir bahwa ternyata kematian sangat dekat dengan kita. Dan kita harus siap kapanpun untuk memenuhi panggilan-Nya.Β Yang jelas, hari ini Ganesha berduka karena telah kehilangan salah satu calon putri terbaiknya.


Yang bisa saya berikan hanyalah doa dan harapan agar beliau diterima segala amal ibadahnya dan diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya. Dan semoga keluarga serta teman-teman yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi cobaan ini.


Selamat Jalan.Β 

Leave a Reply

