First Day of KP : G-A-B-U-T!

              First impression is always important. Bahasa lainnya, kesan pertama begitu menggoda. Sayangnya hal ini nyaris saja tidak saya penuhi dengan baik. Saya datang pada hari pertama KP di Telkom Jakarta nyaris terlambat, 15 menit sebelum jam 8. Macetnya Jakarta sungguh membuat kesabaran harus diuji, untung gak nyetir sendiri. Sampai di kantor ternyata harus nunggu hampir sejam karena bapak pembimbing yang namanya pak Bob belom juga datang. Budaya telat emang udah biasa ya di Indonesia L Anyway, kami bertiga (Saya, Pedca, Wervyan, minus Ijul yang bolos hari pertama) langsung diajak berkeliling ke ruang Transmisi Backbone untuk dikenalkan dengan sejumlah perangkat dasar dalam transmisi jaringan. Beberapa istilah yang dijelaskan membuat saya harus mengingat lagi sejumlah mata kuliah seperti siskom dan komdat serta jartel. Dan pastinya membuat saya merasa agak bodoh. Hahaha.
                Berikutnya, kami dikenalkan dengan software NMS (Network Management System) yang fungsinya untuk melihat topologi jaringan dan kondisinya. Untuk daerah Jawa yang digunakan adalah ZTE, sedangkan untuk Sumatera dan Kalimantan memakai Nokia-Siemens. Disini saya baru tahu kalau topologi yang dipakai pada jaringan backbone adalah topologi Ring (atau mungkin dulu pernah dijelaskan saat kuliah tapi saya gak dengerin, hahaha). Well, sekarang kami sedang ngobrol-ngobrol dengan salah satu karyawan, namanya pak Faisal. Beliau banyak bercerita suka duka bekerja disini. Katanya temen-temen karyawan disini banyak yang dulu sampai menginap karena gangguan transmisi yang sering tidak terduga. Intinya kerjanya lebih capek namun dengan penghasilan yang sama-sama saja dibanding yang bekerja di “kantor depan”, padahal disini lebih berurusan dengan teknis. Saya juga mendapat cerita bahwa tempat saya KP ini sebentar lagi akan dirobohkan dan akan dibangun menara “Petromax”. Haha, entah namanya memang benar seperti itu atau beliau hanya ngelawak, yang jelas dari obrolan-obrolan saya dengan rekan-rekan karyawan yang lain ternyata memang benar bahwa sebentar lagi tempat ini akan berganti menjadi menara 40 lantai. Jadi bisa dibilang saya cukup beruntung karena berada disini di masa-masa terakhir gedung ini berdiri.
                Setelah lama agak gak jelas, kami diajak pak Bob ke sebuah ruangan yang bisa dibilang seperti ruang rapat. Disini kami mendapat sedikit penjelasan tentang konsep kerja dari sistem telekomunikasi di Indonesia yang dipegang oleh PT Telkom Indonesia dan bagaimana posisi ARNET semanggi (tempat saya KP) dalam sistem tersebut. Kami juga dijelaskan tentang bagaimana topologi jaringan di seluruh Indonesia yang dipegang PT Telkom. Usut punya usut, ternyata tempat kami KP ini bisa dibilang cukup penting bagi keberlangsungan telekomunikasi di Jakarta terutama. Namanya juga transmisi backbone, jadi jelas sungguh penting. Jadi kalau saya mau iseng, bisa aja saya tinggal ngutak-ngatik sedikit, dan matilah jaringan telekomunikasi se-Jakarta. HAHAHAHAHA *ketawa jahat mode on*. Namun banyak juga istilah-istilah yang perlu saya cari tau lagi walaupun mungkin sudah pernah dipelajari, seperti SDH dan DWDM. Efek gak pernah merhatiin hahaha.
                Singkat cerita, saat saya selesai menulis cerita KP hari pertama, saya sedang duduk bertiga di ruangan staf yang mirip ruang rapat, dan kami hanya membaca-baca laporan KP ataupun TA dari mahasiswa yang dulunya pernah KP atau TA disini. Ya, disini memang lebih banyak melakukan maintenance dan sedikit upgrading jika memang dibutuhkan. Orang-orang disini akan lebih banyak bekerja jika ada gangguan yang terjadi, terutama pada jam sibuk. Jadi kesimpulan KP hari pertama saya : GABUT. Hahahhahaha.
                     Well, that’s it for today. Semoga saya sempat menulis lagi di hari-hari berikutnya. Ciao.
Tempat KP ane nih gan!

Leave a Reply

