Latah (Catatan Mudik #5)

Aduh, saya terlalu lelah kemarin. Keliling Jogja dan sekitarnya seharian. Cuma naik mobil, trus turun, ngobrol-ngobrol, masuk mobil, jalan lagi, dan seterusnya. Ternyata gitu doang bisa capek banget yah. Walhasil saya gak sempet nulis deh kemarin. Saya memilih nonton Liverpool yang tanding lawan Birmingham. Yah, walopun hasilnya seri tapi mainnya udah mulai menjanjikan lah, terutama setelah kehadiran Meireles. Semoga bisa lebih baik deh, dan bisa menang lawan Munyuk, hehehehe.
Anyway, kemarin di twitter mendadak heboh oleh sebuah topik. Katanya sih topik lama, tapi entahlah saya juga lupa. Topiknya #jamansd. Entah siapa yang memulai, siapa yang iseng jadi TS, yang jelas dalam sekejap timeline twitter ramai oleh topik ini. Kalo saya nemuin saya kasih cendol deh TS-nya! Luar biasa banget soalnya mampu membuat semua orang ikut-ikutan bikin cerita tentang jama SD mereka. Dan kalo misalnya ini multilevel kebaikan, pasti si TS udah dapet pahala paling banyak dan insya Allah masuk surga. Amin. Hehehe.
Heran juga saya sama orang Indonesia. Hal-hal kayak gini bukan yang pertama terjadi. Latah, istilah kerennya. Orang Indonesia gampang banget latah akan sebuah fenomena yang mendadak ramai. Sebut aja fesbuk. Yang awalnya cuma dikit orang yang punya ID fesbuk, sekarang kalo gak punya fesbuk dianggep gak gahul. Contoh lain adalah BlekBeri (nama disamarkan :p).
Bangsa ini emang udah terlalu sering latah. Pas kekayaan kita diclaim sama tetangga, baru deh semua teriak-teriak β€œGanyang Malingsiah!” Kemaren-kemaren kemana aja woi! Pas harusnya kekayaan kita itu dijaga, dipelihara, dan dilestarikan, pada kemana? Ntar kalo udah sepi pasti pada lupa lagi. Dasar Indonesia. Hohoho. Mungkin ini kenapa bangsa kita gampang dimainin yah? Ikut-ikutan sih. Hehehehe.
Yasudahlah. Cuma sebuah pemikiran iseng yang tanpa solusi. Sambil mengisi waktu di tengah suasana libur lebaran yang sebentar lagi berakhir. Hehehe. Next Stop : Solo, The Spirit of Java.
Ditulis 13 Sept 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s